HOME, Bugar

Moms, Inilah 4 Resep Kecantikan Daun Pandan Warisan Nenek Moyang

Moms, Inilah 4 Resep Kecantikan Daun Pandan Warisan Nenek Moyang

MOMSMONEY.ID - Daun pandan adalah tanaman yang memiliki aroma wangi yang khas dan berdaun panjang. Daun pandan sering kerap dipakai buat bahan pembuatan kue atau masakan lain.

Selain bahan kue, ternyata daun pandan telah lama digunakan para orang tua terdahulu sebagai bahan utama perawatan kecantikan, lo.

Daun pandan memiliki kandungan anti jamur dan berbagai jenis senyawa lain, seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid. Oleh karena itu, daun pandan dipercaya mampu mengatasi masalah kulit wajah dan perawatan kesehatan rambut.

Melansir dari indonesianbeautyheritage.com, berikut resep kecantikan daun pandan dari nenek moyang yang bisa Anda coba di rumah, yaitu:

1. Mengatasi Komedo

Komedo

Bahan-Bahan:

  • 1/2 sendok teh air perasan daun pandan
  • 1 sendok teh madu
  • 1 buah pisang
  • 1/4 sendok teh olive oil/minyak zaitun.

Cara Membuat:

Haluskan semua bahan hingga menjadi pasta. Lalu oleskan masker ke wajah anda. Tunggu masker selama 15 menit dan bilas sampai bersih. 

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Air Hangat Saat Mencuci Wajah, Lancarkan Sirkulasi Darah

2. Mengeksfoliasi Kulit

Bahan-Bahan:

  • Daun pandan
  • 1 sdt madu dan 1 sdt minyak zaitun

Cara Membuat:

Cuci bersih dan potong-potong daun pandan, lalu campurkan dengan madu dan minyak zaitun. Gosokan pada kulit dengan gerakan melingkar dan diamkan 3 menit.

Selanjutnya, cuci muka hingga bersih dan keringkan. Untuk mengeksfoliasi kulit dengan daun pandan, usahakan untuk rutin melakukannya setiap seminggu 1 kali agar kulit anda tidak tipis. 

3. Sebagai Anti Jamur

Daun pandan memiliki kandungan yang bersifat anti jamur. Yang mana kulit sering mengalami infeksi jamur seperti panu dan kurap, baik di wajah atau di bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, nenek moyang kita membuat resep mengatasi masalah tersebut dari daun pandan, seperti:

  • Tumbuk daun pandan hingga halus
  • Oleskan pada daerah yang berjamur dengan menambahkan sedikit garam, tunggu 15-20 menit kemudian bilas. Lalukan setiap hari secara rutin.

4. Mengatasi Ketombe

Seseorang sedang mengalami masalah ketombe

Bahan-Bahan:

  • 10 lembar daun pandan
  • 100ml air

Cara Membuat:

Haluskan daun padan bersama dengan air. Lalu, oleskan langsung ke bagian kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan bilas rambut hingga bersih. Gunakan perawatan rambut ini setiap 2 hari sekali secara rutin. 

Itulah beberapa resep kecantikan daun pandan dari nenek moyang terdahulu, moms. Anda bisa mencoba perawatan kecantikan ini di rumah.

Selanjutnya: 6 Cara Perawatan Wajah di Usia 40 Tahun, Sebelum Terlambat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News