HOME, Santai

Sudah Tahu Bedanya Blackhead dan Whitehead? Yuk, Cari Tahu

Sudah Tahu Bedanya Blackhead dan Whitehead? Yuk, Cari Tahu

MOMSMONEY.ID - Blackhead dan whitehead merupakan dua jenis komedo yang memiliki perbedaan. Sama-sama merupakan jenis jerawat, blackhead dan whitehead merupakan komedo yang berbeda namun memiliki treatment perawatan yang sama.

Komedo dapat terbentuk dari hal-hal diluar penyakit. Faktor seperti kotoran, penggunaan produk, dan kurangnya menjaga kebersihan kulit menjadi menyebab timbulnya komedo. Baik blackhead dan whitehead komedo terbentuk dengan cara yang berbeda, loh.

Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu diketahui tentang perbedaan blackhead, whitehead, dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga: Cari Tahu Bedanya Toner, Essence, Serum, dan Ampoule

Blackhead

Blackhead atau komedo hitam terlihat seperti bintik kecil yang ada pada permukaan kulit. Melansir dari halaman Health Line, blackhead dapat terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit akibat kotoran yang disebut sebum. 

Melanin yang mengalami oxidasi merubah sumbatan pada pori-pori sehingga berubah warna menjadi hitam. Biasanya komedo hitam ini ditemukan pada punggung, pundak, dan bagian wajah.

Whitehead

Whitehead sering disebut sebagai jenis komedo tertutup. Dapat terjadi karena sel-sel kulit dipenuhi bakteri dan kotoran yang menyumbat udara serta menutupi bagian bukaan pori-pori. 

Sehingga terbentuklah komedo putih yang tidak akan berubah warna. Tipe jerawat ini juga dapat ditemukan dengan mudah di bagian tubuh punggung, pundak, dan tentu saja wajah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Cara mengatasi

Komedo merupakan tipe jerawat ringan yang dapat diatasi dengan rutin melakukan eksfoliasi pada bagian kuliat yang memiliki banyak komedo. 

Memilih produk skin care yang memiliki fungsi untuk eksfoliasi dapat dijadikan pilihan untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran. Namun perlu diingat untuk menggunakan produk eksfoliasi yang ringan jika Anda belum pernah mencoba menggunakan produk eksfoliasi sama sekali.

Selain itu, menggunakan produk skin care yang memiliki bahan non-comedogenic dan water based dapat dijadikan alternative pilihan. Karena bahan tersebut tidak akan membuat pori-pori kulit tersumbat namun dapat membantu kulit untuk bisa bernafas.

Namun jika Anda merasa kondisi komedo semakin parah, maka berkonsultasi dengan dermatologis atau dokter kecantikan dan ahli kulit merupakan hal yang sebaiknya Anda lakukan. 

Selanjutnya: Ritual Pernikahan Adat Indonesia yang Perlu Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News