HOME, Santai

Mengenal Kandungan PHA Pada Skin Care dan Manfaatnya Bagi Kulit

Mengenal Kandungan PHA Pada Skin Care dan Manfaatnya Bagi Kulit

MOMSMONEY.ID - Proses eksfoliasi kulit merupakan proses yang dibutuhkan agar kulit bisa beregenerasi. Selain itu eksfoliasi juga digunakan untuk mengangkat sel sel kulit mati pada kulit yang menyebabkan kulit terlihat kusam.

Untuk membantu proses eksfoliasi tersebut, Anda bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan Polyhydroxy Acid (PHA).

PHA adalah salah satu kandungan dalam skin care yang memiliki fungsi eksfoliasi sama seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA). PHA selain memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit juga memiliki fungsi untuk menghaluskan, melembabkan, dan meregenerasi kulit.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat PIE & PIH

Kandungan PHA ini cocok digunakan bagi semua jenis kulit. Namun akan memiliki manfaat lebih bagi kulit jenis acne prone dan berminyak. Contoh jenis PHA yang terkandung dalam skin care adalah lactobionoc acid dan gluconolactone. 

Karena struktur PHA yang lebih besar, maka kandungan ini tidak akan bekerja hingga ke bagian dalam kulit. PHA hanya akan bekerja pada lapisan atas kulit yang membuatnya menjadi eksfoliator lembut tidak seperti AHA dan BHA. PHA akan sangat aman digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitive.

Sifatnya yang lembut membuat PHA mudah disatukan atau di kombinasi dengan kandungan lain pada produk skin care. Kandungan ini akan bekerja dengan baik jika digabungkan dengan produk yang memiliki konsentrasi acid lebih rendah. 

Baca Juga: Cari Tahu Bedanya AHA dan BHA Pada Skin Care Agar Tidak Keliru

Untuk memulai penggunaan, ada baiknya untuk menggunakan PHA tiga kali dalam seminggu. Anda bisa menggunakan PHA pada produk skin care seperti toner, sabun cuci muka, ataupun dalam bentuk serum. 

Dengan pemakaian rutin, AHA bisa memberikan efek anti aging pada kulit Anda. Karena kandungan PHA ini memiliki fungsi juga untuk menyamarkan garis halus pada kulit, keriput, dan juga memiliki fungsi untuk membantu mengembalikan skin barrier kulit. 

Di samping itu, PHA juga memiliki antioksidan yang berguna dalam menangkal sinar UV dan polusi yang mampu merusak kolagen dan sel pada kulit.

Walaupun tidak memberikan efek samping buruk, namun jika Anda merasa takut untuk menggunakan PHA, Anda dapat mengujinya dengan menggunakan patch test sebelum menggunakannya ke kulit Anda. 

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Toner untuk Kulit Berjerawat, Harga Bersahabat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News