HOME, Keluarga

Pahami Hal-Hal Ini Sebelum Membuat Kolam Renang di Rumah, Penting!

Pahami Hal-Hal Ini Sebelum Membuat Kolam Renang di Rumah, Penting!

MOMSMONEY.ID - Memiliki kolam renang di rumah memiliki beberapa keuntungannya tersendiri.

Selain dapat menjadi tempat untuk bersantai dan berekreasi bagi keluarga, keberadaan kolam renang juga dapat meningkatkan estetika rumah dan membuat rumah terlihat mewah, sehingga memberikan kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi pemilik rumah.

Nah, supaya kolam renang di rumah dapat berfungsi dengan maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Tidak mau kan, kolam renang yang sudah susah payah dibuat malah berakhir sia-sia karena salah perencanaan?

Oleh karena itu, yuk simak artikel ini untuk mengetahui apa saja yang perlu dipertimbangkan dan dipahami sebelum mulai membuat kolam renang. Dilansir dari Your Home and Garden New Zealand, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Supaya Tidur Makin Nyenyak, Hindari 5 Warna Cat Ini di Kamar Tidur

Pikirkan tujuan pembuatan kolam renang

Sebelum membuat kolam renang, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan tujuan pembuatan kolam renang. Sebab, hal ini akan mempengaruhi bentuk, kedalaman, serta ukuran kolam renang yang akan dibuat.

Misalnya, apakah kolam renang Anda akan digunakan untuk berenang secara leluasa, atau hanya sekadar untuk bersantai? Siapa yang akan menggunakannya, orang dewasa atau anak-anak?

Selain mempertimbangkan hal-hal tersebut, hal lain yang tak kalah penting adalah memikirkan apakah kolam renang tersebut akan rajin digunakan. Jadi, biaya yang sudah dikeluarkan tidak akan sia-sia.

Periksa apakah lahan rumah mendukung

Selanjutnya, periksa apakah lahan di rumah mendukung pembangunan kolam renang, sehingga kolam renang yang dibuat di atas lahan tersebut tidak mudah rusak dan merugikan Anda ke depannya.

Misalnya, Anda dapat memeriksa apakah tanah di rumah Anda bersifat tidak stabil, atau apakah lingkungan rumah Anda rentan terkena gempa bumi atau banjir.

Selain itu, luas lahan juga perlu dipertimbangkan untuk menentukan ukuran kolam renang yang tepat.

Baca Juga: 4 Inspirasi Rumah Bergaya Art Deco yang Penuh Warna dan Glamor

Tentukan letak kolam renang yang sesuai

Letak kolam renang yang tepat sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda dan penghuni rumah lainnya dalam menggunakan kolam renang tersebut.

Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam menentukan letak kolam renang:

  • Kemudahan akses dari dan ke kolam renang
  • Kemudahan akses saat masuk dan keluar dari dalam kolam renang
  • Intensitas sinar matahari di tempat tersebut, apakah terik atau cukup teduh
  • Ketersediaan tempat yang cukup untuk menyimpan perlengkapan kolam renang
  • Ketersediaan ruang untuk bersantai di sekitar kolam renang

Baca Juga: Mudah dan Simpel, Ini Trik untuk Mendekorasi Kamar Tidur Supaya Terlihat Mewah

Siapkan anggaran yang cukup

Terakhir, Anda perlu menyiapkan anggaran yang cukup untuk membuat kolam renang. Banyak faktor yang akan mempengaruhi anggaran secara drastis, seperti biaya konstruksi, jenis material yang digunakan, hingga desain kolam renang itu sendiri.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan biaya tambahan untuk perawatan atau maintenance kolam renang. Jadi, kondisi kolam renang akan selalu terjaga dan nyaman digunakan setiap saat.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai membuat kolam renang di rumah. Bagaimana, apakah Anda semakin tertarik membuat kolam renang sendiri?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News