CLOSE [X]
ads

Supaya Tidur Makin Nyenyak, Hindari 5 Warna Cat Ini di Kamar Tidur

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 29 November 2021 | 11:17 WIB
Supaya Tidur Makin Nyenyak, Hindari 5 Warna Cat Ini di Kamar Tidur

ILUSTRASI. Warna merah perlu dihindari untuk kamar tidur karena bersifat energik dan intens. Foto: Instagram @modsydesign


MOMSMONEY.ID - Kamar tidur merupakan ruangan yang digunakan penghuni rumah untuk beristirahat dan tidur setelah menjalani kegiatan sehari-hari.

Oleh karena itu, wajar jika kamar tidur perlu didesain senyaman mungkin supaya waktu beristirahat dan tidur menjadi optimal.

Nah, salah satu cara termudah untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman adalah dengan menggunakan warna cat dinding yang tepat.

Karena setiap warna memiliki kesan tertentu, tidak semua warna cocok digunakan untuk kamar tidur. Malah, ada beberapa warna yang sebaiknya dihindari untuk kamar tidur karena dapat mengganggu suasana kalem dan menenangkan yang seharusnya ada di ruangan tersebut.

Kira-kira, warna apa saja yang dimaksud? Dirangkum dari Bobvila dan Apartment Therapy, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Channel YouTube Seputar Rumah Kecil, Penuh Inspirasi!

Merah

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Modsy (@modsydesign)

Warna merah sudah lama dikenal sebagai warna yang energik dan intens, sehingga kurang cocok untuk kamar tidur yang membutuhkan suasana rileks. Jika digunakan pada kamar tidur, nuansa intensnya mungkin dapat mengganggu pikiran Anda sehingga sulit tidur dengan nyaman.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan warna merah yang lebih lembut sehingga intensitas warnanya berkurang dan memberi kesan yang tidak terlalu mencolok.

Oranye

Hampir sama seperti warna merah, warna oranye atau jingga yang hangat dapat memberikan kesan energik, ceria, dan cerah. Warna oranye yang terlalu mencolok dapat membuat kamar tidur terasa “panas”, sehingga membuat penghuninya merasa tidak nyaman.

Jika Anda tetap ingin menggunakan warna oranye, pilihlah variasi warna yang lebih kalem dan lembut, misalnya warna peach atau persik.

Kuning

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MYLANDS (@mylands_london)

Warna kuning identik dengan kesan cerah dan ceria seperti matahari. Selain itu, warna ini juga dikenal dapat membantu menstimulasi indera tubuh, sehingga kurang cocok digunakan untuk kamar tidur.

Walaupun tidak cocok untuk suasana yang rileks, warna kuning bisa membantu membangkitkan semangat di pagi hari. Jika ingin menggunakan warna ini di kamar tidur, Anda bisa memilih warna kuning pastel yang lebih terang dan lembut supaya tidak terlalu intens atau mencolok.

Baca Juga: Ini Dia Gaya Interior Rumah yang Sedang Populer, Wajib Tahu!

Hijau limau

Warna hijau sebenarnya identik dengan kesan menenangkan yang cocok untuk ruangan yang membutuhkan kesan rileks seperti kamar tidur. Namun, tidak semua warna hijau cocok untuk kamar tidur.

Salah satunya adalah warna hijau limau atau lime green yang bersifat vibrant atau cerah. Penggunaan warna ini malah akan membuat ruangan terasa mencolok dan energik. Sebaiknya, pilih warna hijau yang lebih kalem seperti sage green atau hijau mint.

Coklat gelap

Walaupun termasuk warna netral yang cocok untuk ruangan apa saja, warna coklat yang gelap tidak direkomendasikan untuk kamar tidur karena dapat memberi kesan sempit dan suram.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan warna coklat yang lebih terang dan pucat, misalnya beige atau krem. Atau, gunakan warna light taupe yang merupakan campuran warna coklat dan abu-abu.

Itulah beberapa warna yang sebaiknya dihindari untuk dinding kamar tidur. Intinya, hindari menggunakan warna-warna yang terkesan hangat, mencolok, maupun gelap. Sebaliknya, pilih warna-warna yang kalem dan menenangkan untuk kamar tidur supaya suasana di dalam kamar makin rileks.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru