HOME, Keluarga

Moms, Coba Cara Ini untuk Menghilangkan Bekas Ompol dan Bau Pesing di Kasur

Moms, Coba Cara Ini untuk Menghilangkan Bekas Ompol dan Bau Pesing di Kasur

MOMSMONEY.ID - Menghilangkan bekas ompol dan bau pesing di kasur terkadang menjadi permasalahan bagi moms yang memiliki anak kecil yang sering mengompol di kasur atau hewan peliharaan yang suka pipis sembarangan.

Pasalnya, bau pesing tersebut seringkali masih membandel walaupun kasur sudah dibersihkan dan dikeringkan. Tidur pun terganggu karena bau pesing yang menyengat. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau pesing di kasur?

Jangan pusing, moms. MomsMoney punya cara mudah untuk menghilangkan bekas ompol dan bau pesing di kasur yang dilansir dari The Spruce, amerisleep.com, dan casper.com. Yuk, simak di bawah!

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Berikut Cara Memilih Kasur yang Tepat untuk Anda

Langkah 1: Lepaskan sprei dan keringkan bekas ompol

Jika kasur masih basah karena ompol, langsung lepaskan sprei, sarung bantal, guling, atau selimut yang terkena ompol dan masukkan ke cucian untuk meminimalisir terjadinya bekas noda ompol.

Kemudian, keringkan bekas ompol yang masih basah dengan cara ditekan-tekan menggunakan handuk bekas atau tisu. Jangan gosok permukaan kasur karena dapat menyebabkan ompol terserap makin dalam ke kasur.

Langkah 2: Taburi dengan baking soda atau soda kue

Setelah bekas ompol dibersihkan, taburi dengan baking soda atau soda kue.

Soda kue dapat digunakan untuk menghilangkan bau pesing karena bersifat menyerap bau tidak sedap. Selain itu, kandungan pH soda kue yang bersifat basa juga dapat menetralkan urin yang bersifat asam.

Langkah 3: Semprot bekas ompol dengan campuran cuka dan air

Selanjutnya, semprotkan cuka ke bekas ompol yang sudah ditaburi soda kue, kemudian diamkan selama 5-10 menit.

Jika bau cuka dirasa terlalu kuat, moms bisa melarutkannya dengan air terlebih dahulu sebelum disemprotkan. Campurkan air mineral dan cuka dengan perbandingan 1:1 atau 2:1.

Setelah didiamkan, keringkan area yang telah disemprot cuka dengan handuk kering atau tisu. Jika ada soda kue yang ikut terangkat, biarkan. Tidak perlu sampai kering sempurna, namun pastikan permukaan kasur tidak terlalu basah.

Baca Juga: Kenali 5 Macam Ukuran Kasur Agar Tidak Salah Beli

Langkah 4: Taburi kembali dengan soda kue

Langkah selanjutnya adalah menaburi kembali bekas ompol tersebut dengan soda kue. Moms juga bisa menaburi soda kue di seluruh permukaan kasur untuk menyerap bau tidak sedap lainnya di kasur.

Kali ini, diamkan soda kue tersebut di atas permukaan kasur selama beberapa jam. Durasi yang disarankan adalah sekitar 8 hingga 10 jam. Memang butuh waktu lama, tapi tahap ini penting untuk memastikan seluruh permukaan kasur dan area bekas ompol bebas dari bau pesing.

Langkah 5: Bersihkan sisa soda kue dari permukaan kasur

Ketika soda kue sudah kering sempurna, bersihkan dari permukaan kasur menggunakan vacuum cleaner. Pastikan seluruh permukaan kasur bersih dari sisa soda kue.

Terakhir, periksa kasur untuk memastikan bekas ompol dan bau pesing sudah hilang. Jika masih ada, moms bisa mengulangi langkah-langkah di atas beberapa kali hingga bekas ompol dan bau pesing hilang seluruhnya.

Nah, itu tadi langkah-langkah yang bisa moms terapkan untuk menghilangkan bekas ompol dan bau pesing di kasur. Selamat mencoba!

Selanjutnya: Mau Beli AC? Simak Tipnya di Sini Agar Tak Salah Pilih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News