HOME, Keluarga

Jangan Sembarangan, Berikut Cara Memilih Kasur yang Tepat untuk Anda

Jangan Sembarangan, Berikut Cara Memilih Kasur yang Tepat untuk Anda

MOMSMONEY.ID - Memilih dan membeli kasur sebenarnya tidak sulit dilakukan, kok. Asalkan Anda cermat dalam mengidentifikasi kebutuhan, Anda dapat memilih kasur yang sesuai.

Memilih kasur yang sesuai dengan kebutuhan Anda memiliki keuntungan tersendiri, seperti kenyamanan ketika tidur yang dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Nah, jika Anda masih bingung menentukan kasur seperti apa yang cocok, simak artikel ini. MomsMoney sudah merangkum cara mudah untuk memilih kasur yang tepat untuk Anda, dilansir dari The Spruce, Good Housekeeping, dan Consumer Reports.

Baca Juga: Memilih Furnitur untuk Kamar Anak, Berikut Tipsnya

Tentukan ukuran yang sesuai

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk memilih kasur yang cocok adalah dengan menentukan ukuran kasur yang sesuai untuk Anda.

Tentunya, ukuran kasur yang pas dapat meningkatkan kenyamanan tidur. Di Indonesia, ada 5 jenis ukuran kasur yang tersedia di pasaran, yaitu single size, double size, queen size, king size, dan super king size.

Ada beberapa poin yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan ukuran kasur, misalnya:

  • Kebiasaan tidur. Apakah Anda banyak bergerak ketika tidur, atau bisa tidur dengan ruang terbatas? Adakah bantal, guling, atau selimut tambahan yang akan memakan tempat lebih di kasur?
  • Tinggi tubuh. Apakah Anda bertubuh besar sehingga membutuhkan area tidur yang lebih luas, atau cukup hanya dengan kasur kecil?
  • Gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari. Apakah Anda termasuk orang yang suka melakukan pekerjaan di kasur atau sekadar menggunakan kasur untuk beristirahat?
  • Ukuran kamar tidur atau area yang akan ditempati oleh kasur. Jika Anda memiliki ruang yang terbatas, ukuran kasur yang terlalu besar jelas akan membuat kamar terasa makin kecil.

Baca Juga: Kenali 5 Macam Ukuran Kasur Agar Tidak Salah Beli

Tentukan jenis isian kasur yang sesuai

Selanjutnya, tentukan jenis kasur menurut isiannya yang sesuai dengan preferensi Anda.

Ada beberapa jenis isian kasur yang tersedia di pasaran, seperti innerspring atau springbed yang populer digunakan masyarakat Indonesia hingga kasur busa seperti memory foam atau latex foam.

Atau, Anda bisa memilih menggunakan kasur versi hybrid yang menggabungkan innerspring dan busa. Apapun itu, pilihlah jenis isian kasur yang membuat Anda nyaman ketika tidur.

Baca Juga: Terapkan Langkah Ini Untuk Membersihkan Rumah Pasca Isoman Covid-19

Coba sebelum membeli

Jika memungkinkan, cobalah untuk merasakan kasur yang Anda incar secara langsung.

Mencoba kasur sebelum membeli penting agar Anda bisa merasakan seberapa nyaman kasur tersebut menurut selera Anda.

Jika Anda berencana untuk membeli kasur untuk digunakan bersama pasangan atau membelikan kasur untuk anak, ajaklah untuk mencoba kasur bersama supaya dapat disesuaikan dengan preferensi mereka.

Mencoba kasur secara langsung juga memudahkan Anda untuk mencoba berbagai alternatif kasur sehingga lebih mudah menemukan jenis kasur yang sesuai.

Siapkan anggaran

Kasur yang berkualitas memang tidak murah, tapi sepadan dengan kualitas tidur yang didapatkan. Oleh karena itu, siapkanlah anggaran yang memadai untuk mendapatkan kasur yang berkualitas.

Namun, jangan berlebihan dalam menyiapkan anggaran, ya. Belilah kasur berkualitas yang sesuai dengan kemampuan Anda dengan tetap memprioritaskan kenyamanan saat tidur. Saat ini, banyak kasur berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa Anda coba.

Nah, itu tadi cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk memilih dan membeli kasur. Intinya, pilihlah kasur sesuai kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Kasur yang dipilih dengan tepat akan meningkatkan kualitas tidur pula.

Selamat memilih!

Selanjutnya: Catat, Ini Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Beralih ke Smart Home

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News