Mau Beli AC? Simak Tipnya di Sini Agar Tak Salah Pilih

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 01 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Mau Beli AC? Simak Tipnya di Sini Agar Tak Salah Pilih

MOMSMONEY.ID - AC atau air conditioner merupakan salah satu barang wajib di setiap rumah masyarakat Indonesia, terutama dari kalangan menengah ke atas. Pasalnya, iklim tropis yang berlangsung di Indonesia sepanjang tahun seolah mewajibkan orang-orang untuk memiliki alat elektronik yang satu ini untuk mendinginkan diri dan ruangan.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli AC, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Jangan sampai asal beli, yang bisa berujung merugikan diri sendiri.

Dilansir dari laman resmi HitachiChoice Australia, dan Appliances Direct UK, berikut ini beberapa poin yang bisa dijadikan pertimbangan ketika Anda membeli AC.

Baca Juga: Ingin Menjajal Produk Smart Home? Coba Produk Best Seller dari Bardi Berikut Ini

1. Ukuran ruangan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran ruangan yang akan dipasangi AC. Seberapa besar ruangan tersebut dan akan digunakan untuk apa?

Selain itu, ada faktor lain yang wajib dipertimbangkan seperti jumlah orang yang akan menempati ruangan tersebut, atau apakah ada peralatan elektronik lain yang menghasilkan hawa panas tambahan dalam ruangan.

Hal-hal tersebut wajib menjadi pertimbangan sebelum memilih AC, karena ukuran yang tidak sesuai dengan kebutuhan ruangan akan merugikan penghuni ruangan itu. Misalnya, ruangan yang ditempati banyak orang dan berisi banyak peralatan elektronik akan menghasilkan hawa panas lebih banyak. Efeknya, AC harus bekerja ekstra untuk menghasilkan udara dingin.

Di sisi lain, ruangan yang terlalu kecil akan mengakibatkan AC bekerja terlalu banyak, sehingga ruangan akan terlalu dingin.

2. Jenis dan tipe AC

Berdasarkan cara pemasangannya, umumnya AC terdiri dari tiga jenis, yaitu standing atau portable, split, dan cassette. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Misalnya, AC portable cocok untuk mereka yang sering berpindah-pindah di dalam rumah. Sedangkan, AC split dan cassette yang dipasang pada tembok dan langit-langit cocok digunakan dalam kamar atau ruang kerja.

Di samping itu, ada beberapa jenis AC berdasarkan penggunaan dayanya, seperti AC standar, low watt, dan inverter. AC low watt cocok digunakan untuk rumah dengan daya watt rendah, sedangkan tipe inverter menggunakan daya yang besar di awal pemakaian AC. Walaupun begitu, AC tipe inverter akan menurunkan dayanya ketika ruangan sudah dingin.

Baca Juga: Yuk, Kenali Bermacam-macam Model Tangga Rumah

Editor: Kania Paramahita
Terbaru