HOME, Keluarga

Yuk, Kenali Bermacam-macam Model Tangga Rumah

Yuk, Kenali Bermacam-macam Model Tangga Rumah

MOMSMONEY.ID - Tangga merupakan salah satu bagian yang penting dalam suatu rumah atau bangunan. Keberadaan tangga dalam suatu rumah atau bangunan dapat membantu mobilitas penghuninya.

Namun, tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis dan model tangga rumah dengan desain dan fungsi yang berbeda-beda?

Dilansir dari Architectural Digest dan Keuka Studios New York, berikut beberapa macam model tangga rumah yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Awas, Hal-Hal Sepele Ini Bisa Menyebabkan Lemari Es Tidak Dingin

Straight stairs (lurus)

Model tangga paling dasar yang berbentuk lurus tanpa belokan. Karena bentuknya yang lurus, naik dan turun melalui tangga ini tergolong mudah, tergantung tingkat kemiringan tangganya. Dari segi arsitektur, desain dan pembangunannya pun mudah.

Namun, karena berbentuk liner tanpa belokan, tangga jenis ini cenderung memakan tempat, apalagi jika tangganya panjang dan membutuhkan bordes di bagian tengahnya. Selain itu, Anda dapat melihat langsung lantai bagian atas dari dasar tangga, sehingga memberikan batas privasi yang minim.

L-shaped stairs (bentuk L)

Modelnya lurus, namun memiliki belokan sebesar 90 derajat di tengah. Biasanya ditambahkan bordes di bagian tengah, antara dua belokan tangga.

Ada juga variasi dari model L-shaped, yaitu model winder yang tetap menggunakan pijakan tangga di bagian belokan tangga, alih-alih bordes.

Karena bentuknya yang berbelok, lantai atas tidak langsung terlihat dari bawah tangga sehingga dapat memberikan sedikit privasi.

Bagian minusnya, tangga bentuk L membutuhkan bagian penopang di bordes tangga untuk menopang struktur tangga sehingga sedikit membutuhkan usaha lebih dalam merancang dan membangunnya.

U-shaped stairs (bentuk U)

Sesuai namanya, salah satu variasi tangga lurus ini terdiri dari dua tangga yang sejajar dengan bordes di tengahnya yang membentuk belokan sebesar 180 derajat.

Tangga bentuk U cenderung mudah untuk dirancang dalam denah arsitektur. Namun, dalam proses pengerjaannya, tangga jenis ini sedikit lebih rumit daripada jenis tangga lurus lainnya.

Baca Juga: Simak Cara Sederhana untuk Menghemat Listrik di Rumah

Spiral

Tangga ini memiliki pijakan yang melingkar ke atas dan biasanya mengelilingi tiang di bagian tengah. Bentuknya yang kecil menjadi keuntungan tersendiri karena dapat menghemat tempat, sehingga cocok untuk hunian sempit.

Model tangga ini memang terlihat cantik secara estetika, namun tangga spiral yang kecil cenderung memiliki pijakan yang curam dan menyulitkan penggunanya untuk naik-turun tangga.  Selain itu, tangga spiral biasanya hanya bisa dilewati satu orang sekali jalan.

Curved (lengkung)

Seperti tangga spiral, tangga curved atau lengkung memiliki bentuk yang melingkar. Namun, tangga jenis ini cenderung lebih landai dan tidak membentuk lingkaran penuh seperti tangga spiral.

Secara desain, naik dan turun melalui tangga ini cukup mudah karena memiliki radius lengkungan yang lebar dibandingkan spiral. Selain itu, bentuknya yang melengkung juga menambah nilai estetika.

Namun, tangga jenis melengkung termasuk sulit untuk dibangun karena bentuknya yang tidak biasa.

Baca Juga: Catat, Ini Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Beralih ke Smart Home

Cantilever

Tangga cantilever tersusun dari balok-balok penopang yang disusun naik ke atas sehingga membentuk tangga. Susunan balok yang diatur sedemikian rupa dapat menyebabkan tangga terlihat seperti melayang, sehingga menambah nilai estetik rumah.

Kekurangannya, tangga jenis ini memerlukan penopang yang stabil untuk mengakomodasi berat orang-orang yang melewati tangga.

Split (memisah)

Terakhir, ada jenis tangga split yang terdiri dari satu tangga lebar yang terpecah menjadi dua bagian di tengahnya, yang dihubungkan dengan bordes. Kedua bagian tangga yang saling berlawanan tersebut nantinya akan menuju ke dua bagian lantai yang berbeda.

Biasanya, tangga ini digunakan di rumah besar atau bangunan perkantoran karena dapat memudahkan navigasi ke ruangan yang berbeda hanya dengan satu tangga.

Namun, karena ukurannya yang tergolong besar, tangga ini juga memakan tempat sehingga tidak cocok untuk hunian kecil. Biaya pembangunannya pun tergolong mahal.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan macam-macam model tangga rumah? Kira-kira, tangga model apa saja yang ada di rumah Anda?

Selanjutnya: Terapkan Langkah Ini Untuk Membersihkan Rumah Pasca Isoman Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News