ads

Mengenal Warna Aksen yang Populer Digunakan untuk Dekorasi Rumah

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 17 April 2022 | 14:05 WIB
Mengenal Warna Aksen yang Populer Digunakan untuk Dekorasi Rumah


MOMSMONEY.ID - Dalam dekorasi suatu rumah, warna memainkan peran yang cukup penting karena menentukan tampilan akhir beserta kesan atau suasana yang ingin dihadirkan di rumah tersebut.

Walaupun sudah menggunakan warna-warna tertentu, adakalanya interior rumah tetap terasa kosong dan kehilangan sesuatu. Jika begitu, Anda bisa menggunakan warna aksen untuk memberikan sentuhan akhir yang menarik perhatian di dalam rumah.

Sebelum mulai menggunakan warna aksen untuk dekorasi rumah, mungkin Anda pernah bertanya-tanya, apa itu warna aksen? Bagaimana cara menggunakan warna aksen supaya dekorasi rumah makin menarik?

Baca Juga: Kurangi Kenyamanan, Ini 5 Kesalahan Dekorasi Rumah Berkonsep Open Space

Supaya tidak kebingungan, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu warna aksen?

Dikutip dari The Spruce, warna aksen adalah warna tambahan yang biasanya berperan sebagai pelengkap atau pemberi kontras pada warna-warna utama di suatu ruangan.

Warna aksen memiliki beberapa fungsi, seperti menambahkan sentuhan warna menarik di ruangan yang didominasi warna netral. Warna aksen bisa dimunculkan dalam beragam bentuk, mulai dari cat dinding hingga dekorasi ruangan.

Mengapa warna aksen penting?

Melansir Homes and Gardens, warna aksen tidak hanya sekadar menambah warna di suatu ruangan, tapi juga dapat menambahkan karakter dan kesan unik di ruangan tersebut.

Selain itu, warna aksen juga membantu mengimbangi warna-warna yang sudah ada di suatu ruangan. Jika dikombinasikan dengan benar, warna aksen akan membantu menghindarkan ruangan tersebut dari kesan datar dan membosankan.

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Menggunakan Produk Pembersih Rumah, Bisa Berbahaya!

Bagaimana cara memilih warna aksen?

Sama seperti memilih warna cat dinding pada umumnya, memilih warna aksen di suatu ruangan sebenarnya cukup mudah.

Untuk menentukan warna yang tepat, Anda dapat mempertimbangkan kesan seperti apa yang ingin dihadirkan, dekorasi apa yang ingin digunakan, serta warna apa saja yang biasanya Anda sukai.

Dari pertimbangan-pertimbangan tersebut, pilihlah beberapa warna yang Anda sukai dan terlihat serasi bila digabungkan, lalu pilih warna-warna yang ingin digunakan sebagai warna utama dan warna aksen. Jangan ragu untuk bereksperimen hingga menemukan kombinasi warna yang tepat.

Baca Juga: Ingin Menata Tanaman Hias Pot di Teras Rumah? Tengok Tipsnya di Sini

Tips menggunakan warna aksen

Nah, setelah mengetahui apa itu warna aksen dan cara memilihnya, sekarang bagaimana cara menggunakan warna aksen di suatu ruangan?

Berikut beberapa tips mudah untuk menggunakan warna aksen:

  • Gunakan aturan 60-30-10, yaitu 60% warna utama, 30% warna sekunder, dan 10% warna aksen. Pastikan warna aksen digunakan secukupnya saja supaya tidak terlihat berlebihan.
  • Gunakan warna aksen pada furnitur atau dekorasi ruangan sehingga mudah diganti-ganti apabila diperlukan.
  • Gunakan untuk menghadirkan kontras di suatu ruangan, misalnya menggunakan furnitur warna gelap di ruangan yang didominasi warna terang.
  • Gunakan untuk menonjolkan area tertentu di suatu ruangan, misalnya mengecat sisi dinding kamar tidur yang menempel dengan kasur dengan warna yang berbeda dengan sisi dinding lainnya.

Itulah hal-hal mengenai warna aksen yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, tertarik menggunakan warna aksen untuk mempermanis rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER