HOME, Keluarga

Kurangi Kenyamanan, Ini 5 Kesalahan Dekorasi Rumah Berkonsep Open Space

Kurangi Kenyamanan, Ini 5 Kesalahan Dekorasi Rumah Berkonsep Open Space

MOMSMONEY.ID - Konsep rumah terbuka alias open space adalah salah satu pilihan layout rumah yang memiliki desain terbuka tanpa sekat yang memisahkan area-area tertentu di rumah.

Konsep rumah open space banyak disukai karena menawarkan beragam keuntungan, misalnya suasana rumah yang lebih lapang dan lega. Apakah rumah Anda menggunakan konsep ini?

Supaya interior rumah dengan konsep open space makin nyaman ditempati, penataan dan dekorasinya pun perlu diperhatikan dengan baik. Yuk, kenali kesalahan apa saja yang kerap terjadi saat mendekorasi rumah berkonsep open space!

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Menggunakan Produk Pembersih Rumah, Bisa Berbahaya!

Menggunakan terlalu banyak gaya

Karena menyatukan berbagai area dalam satu ruangan, Anda perlu memastikan rumah dengan konsep open space memiliki tampilan yang serasi dan harmonis.

Oleh karena itu, hindari mencampuradukkan berbagai jenis gaya dekorasi sekaligus di dalam rumah. Melansir Decoist, sebaiknya batasi penggunaan warna dan gaya dekorasi menjadi sekitar dua atau tiga jenis saja supaya interior rumah terlihat enak dipandang.

Tidak memisahkan area

Walaupun rumah berkonsep open space tidak menggunakan tembok untuk memisahkan area-area di dalam rumah, sebaiknya tetap pisahkan setiap area seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, hingga dapur.

Dikutip dari Houzz, hal ini akan membantu Anda menciptakan suasana rumah yang lebih homey dan fungsional, karena setiap area memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Coba gunakan partisi, karpet, atau furnitur untuk memisahkan area-area di rumah berkonsep open space.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Elektronik Dapur yang Praktis untuk Siapkan Sahur, Apa Saja?

Tidak merencanakan pencahayaan

Rumah berkonsep open space memiliki area yang cukup luas. Oleh karena itu, pencahayaannya tidak boleh bergantung pada satu sumber cahaya saja, sebab dapat membuat rumah terasa suram dan gelap.

Dilansir dari Beautiful Homes, coba gunakan teknik lighting layering atau kombinasi berbagai sumber pencahayaan. Maksimalkan sumber pencahayaan alami, kemudian tambahkan lampu downlight di beberapa titik ruangan. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan lampu dekoratif seperti lampu meja atau lampu dinding.

Baca Juga: Hindari Kesan Sempit, Ini Trik Mendekorasi Apartemen Kecil

Menggunakan furnitur yang tidak proporsional

Ukuran furnitur merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam interior rumah berkonsep open space. Sebagai contoh, furnitur yang terlalu besar akan membuat rumah terasa sempit dan mengganggu lalu lintas di dalam rumah.

Jadi, gunakan furnitur dengan ukuran yang proporsional dan sesuai dengan luas ruangan. Jangan lupa untuk mengukur luas rumah untuk mengetahui ukuran furnitur yang cocok diletakkan di dalam rumah.  

Tidak menata furnitur dengan benar

Selain ukuran furnitur, penataan furnitur yang kurang tepat juga akan menghalangi pergerakan Anda di dalam rumah, sehingga mengganggu lalu lintas.

Jadi, pastikan Anda menata furnitur dengan benar di dalam rumah. Jangan sampai Anda harus melalui berbagai furnitur hanya untuk berpindah dari satu area ke area lainnya.

Nah, itulah beberapa contoh kesalahan yang sering terjadi saat menata dan mendekorasi rumah dengan konsep open space. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News