HOME, Keluarga

Ingin Menata Tanaman Hias Pot di Teras Rumah? Tengok Tipsnya di Sini

Ingin Menata Tanaman Hias Pot di Teras Rumah? Tengok Tipsnya di Sini

MOMSMONEY.ID - Teras atau beranda rumah kerap dimanfaatkan oleh pemilik rumah sebagai area untuk memajang koleksi tanaman hias.

Biasanya, tanaman hias yang dipajang di teras rumah adalah tanaman dalam pot yang mudah untuk dipindah dan ditata sesuka hati.

Namun, menata tanaman hias dalam pot di teras rumah tentu tak boleh sembarangan karena dapat merusak tampilan luar atau eksterior rumah. Sama seperti menata taman atau menata interior rumah, diperlukan penataan yang cermat supaya koleksi tanaman Anda dapat mempercantik rumah.

Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk menata tanaman hias pot di teras rumah? Berikut tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: 5 Tips Memanfaatkan Cahaya Matahari yang Berlimpah di Rumah, Coba Yuk!

Kombinasikan ukuran pot yang berbeda

Jika Anda ingin mengelompokkan beberapa tanaman hias di satu titik, jangan ragu untuk bereksperimen dan mengombinasikan ukuran pot yang berbeda.

Mengutip laman Lazy Susan Furniture, Anda dapat mengombinasikan tiga ukuran pot sekaligus untuk menciptakan tampilan tanaman yang menarik. Namun, tetap perhatikan desain, bentuk, dan material pot supaya tetap serasi.

Kombinasikan warna tanaman yang berbeda

Selain ukuran pot yang berbeda, Anda juga dapat mengombinasikan warna tanaman yang berbeda pula. Anda bisa memanfaatkan tanaman hias berbunga untuk menciptakan kombinasi warna tersebut.

Pilihlah tanaman hias berbunga yang Anda suka, lalu tempatkan di beberapa sudut teras. Jika ingin, kombinasikan dengan tanaman hias berdaun untuk menciptakan variasi tekstur dan warna yang menarik.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Meletakkan Tanaman Hias di 5 Lokasi Ini Bisa Bawa Sial!

Tempatkan tanaman kecil di atas meja

Tidak ingin menempatkan banyak tanaman hias di sekitar teras rumah Anda? Solusinya, cukup tempatkan tanaman hias berukuran kecil di atas meja teras Anda.

Anda bisa menempatkan beberapa tanaman hias mungil atau satu tanaman hias berukuran sedang sebagai centerpiece di atas meja. Jadi, Anda cukup fokus merawat tanaman hias yang ada di meja tersebut.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah untuk Meningkatkan Mood, Coba Yuk!

Kelompokkan tanaman dalam jumlah ganjil

Dikutip dari laman Terra Cast Products, mengelompokkan tanaman dalam jumlah ganjil dapat memberi kesan yang informal dan menarik perhatian.

Jika Anda kesulitan dalam mengelompokkan tanaman, coba tempatkan satu tanaman berukuran besar di sudut teras dan tambahkan beberapa tanaman berukuran kecil di sekitarnya. Hal tersebut akan menciptakan titik fokal yang menarik di teras rumah Anda.

Tempatkan tanaman di tangga atau undakan teras

Tangga atau undakan teras bisa menjadi area yang menarik untuk menempatkan tanaman hias Anda. Dilansir dari Living Spaces, hal ini dapat menambah estetika teras dan memudahkan tanaman hias dalam mendapatkan sinar matahari.

Anda bisa menempatkan tanaman di undakan sesuai selera. Misalnya, tempatkan tanaman di setiap sisi undakan sehingga menjadi pagar tanaman. Atau, kombinasikan berbagai warna dan jenis tanaman secara berselang-seling di undakan sehingga terlihat menarik.

Itulah beberapa tips mudah untuk menata tanaman hias dalam pot di teras rumah Anda. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News