HOME, Keluarga

4 Kesalahan Saat Menggunakan Produk Pembersih Rumah, Bisa Berbahaya!

4 Kesalahan Saat Menggunakan Produk Pembersih Rumah, Bisa Berbahaya!

MOMSMONEY.ID - Membersihkan rumah rasanya tidak lengkap jika tidak menggunakan produk kebersihan tertentu.

Produk kebersihan ini cukup beragam, mulai dari produk untuk membersihkan lantai, jendela, hingga kamar mandi dan pakaian.

Biasanya, produk kebersihan ini memiliki kandungan kimia yang cukup kuat, sehingga ampuh membersihkan noda yang paling membandel sekalipun. Karena itu, pemakaiannya perlu diperhatikan supaya tidak timbul kesalahan yang dapat membahayakan keselamatan Anda dan keluarga.

Nah, berikut ini ada beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat menggunakan produk pembersih di rumah. Yuk, simak penjelasannya!

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Ruang Makan Saat Ramadan, Sahur dan Berbuka Makin Nyaman!

Mencampur produk pembersih

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, produk-produk pembersih komersial yang banyak dijumpai di pasaran mengandung beragam bahan kimia dengan komposisi yang cukup kuat, mulai dari bleach atau pemutih pakaian hingga amonia.

Dikutip dari Real Simple, mencampur produk pembersih komersial sangat tidak disarankan karena Anda tidak tahu persis apa saja kandungan kimia di dalamnya.

Ada beberapa bahan kimia dalam produk pembersih yang dapat membahayakan kesehatan Anda jika dicampur, misalnya bleach dan amonia. Kedua bahan ini akan menghasilkan gas kloramin yang berbahaya bagi pernapasan jika terhirup.

Tidak melindungi diri

Ketika menggunakan produk pembersih komersial, sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah untuk melindungi diri sendiri, misalnya membuka jendela dan pintu lebar-lebar untuk memastikan sirkulasi udara mengalir dengan lancar.

Sebab, dengan sirkulasi udara yang lancar, gas-gas yang dihasilkan dari produk pembersih akan langsung terbang keluar rumah sehingga meminimalisir jumlah gas beracun yang terhirup oleh Anda.

Selain itu, melansir laman clevelandclinic.org, Anda juga bisa menggunakan sarung tangan untuk melindungi kulit dari paparan bahan kimia dari produk kebersihan tersebut.

Baca Juga: Mudah Kotor, Ini 6 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Serba Putih

Menyimpan produk di sembarang tempat

Jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah, pastikan Anda tidak menyimpan produk pembersih di sembarang tempat, apalagi meninggalkan produk tersebut dalam keadaan terbuka.

Hal tersebut akan membuat anak-anak dan hewan peliharaan mudah menjangkau produk tersebut. Produk pembersih yang terminum atau terhirup tentu akan membahayakan keselamatan mereka.

Oleh karena itu, selalu simpan produk kebersihan di area atau tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, misalnya di lemari tertutup atau di rak yang tinggi.

Baca Juga: Mau Beli Air Purifier? Coba Produk dari 9 Merek Ini!

Tidak mematuhi petunjuk penggunaan produk

Biasanya, suatu produk kebersihan sudah didesain untuk membersihkan suatu hal secara spesifik. Misalnya, pembersih kloset hanya ditujukan untuk membersihkan kloset, pembersih furnitur hanya boleh digunakan untuk membersihkan furnitur, dan lain-lain.

Oleh karena itu, jangan gunakan produk kebersihan tersebut untuk membersihkan hal lain, misalnya untuk membersihkan tangan atau bahan makanan. Sebab, formula atau kandungan produk untuk membersihkan kedua hal tersebut tentu berbeda dengan produk untuk membersihkan rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News