HOME, Keluarga

Mudah Kotor, Ini 6 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Serba Putih

Mudah Kotor, Ini 6 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Serba Putih

MOMSMONEY.ID - Dapur yang seluruhnya berwarna putih kerap digemari orang-orang karena memiliki estetikanya tersendiri.

Walaupun terlihat cantik dan elegan, dapur berwarna putih memiliki kekurangan, yaitu sangat mudah terlihat kotor. Jika dibiarkan saja, dapur berwarna putih tersebut akan terlihat kusam dan tidak terawat, sehingga mengurangi kecantikannya.

Jadi, para pemilik dapur putih harus bekerja lebih ekstra untuk memastikan warna putih bersih pada dapur tetap terjaga. Jangan khawatir, caranya tidak terlalu sulit, kok. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Catat, Ini Cara Menggunakan Warna Putih di Rumah ala Feng Shui

Selalu bersihkan setelah selesai memasak

Salah satu kunci untuk menjaga kebersihan dapur berwarna putih adalah dengan selalu membersihkannya setiap kali Anda selesai memasak. Anda juga dapat membersihkan dapur setiap kali ada noda atau cipratan makanan.

Dikutip dari Apartment Therapy, bahan-bahan masakan seperti saus, minyak, dan lemak memiliki sifat yang dapat meninggalkan bekas ketika menempel di suatu permukaan. Jadi, jika ada cipratan makanan, segera bersihkan supaya tidak menempel dan meninggalkan bekas di permukaan dapur yang putih.

Hindari alat kebersihan yang keras

Selanjutnya, hindari menggunakan alat-alat kebersihan yang kasar dan keras, misalnya sikat dengan bulu yang kaku karena dapat menggores permukaan dapur sehingga mengurangi keindahannya. Apalagi, warna putih cenderung dapat menonjolkan goresan. Sebaiknya, gunakan sikat dengan bulu yang lembut atau kain bersih saat membersihkan dapur.

Bersihkan bagian bawah peralatan dapur

Saat membersihkan permukaan dapur yang serbaputih, jangan lupa untuk membersihkan bagian bawah berbagai kitchen appliances atau perlengkapan dapur seperti microwave, toaster, dan lain-lain. Sebab, sisa makanan dan kotoran bisa menumpuk di bagian bawah alat-alat tersebut dan mengotori permukaan dapur.

Baca Juga: Tamu Jadi Nyaman, Ini 3 Tips Menata Rumah untuk Acara Buka Bersama

Nyalakan exhaust fan

Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, minyak dan lemak dari proses memasak adalah salah satu penyebab utama keberadaan noda di dapur.

Melansir Dwell.com, selain membersihkan permukaan dapur secara rutin, Anda juga dapat menyalakan exhaust fan setiap kali memasak di dapur. Hal ini akan membantu mengurangi penumpukan partikel-partikel minyak yang menempel di dapur, sekaligus mengurangi bau masakan yang menyengat.

Baca Juga: 5 Trik Menata Rak Dapur Berkonsep Open Shelving, Mudah Dilakukan!

Sikat nat keramik

Meja dan backsplash dapur yang dilapisi oleh keramik berwarna putih kadang terlihat kotor karena tumpukan kotoran yang mengumpul di bagian nat atau sambungan keramik. Jadi, supaya dapur putih selalu terlihat kinclong, jangan lupa untuk menyikat bagian nat saat sedang membersihkan dapur.

Lindungi dari sinar matahari langsung

Mengutip Livspace, salah satu penyebab utama dapur putih berubah menjadi kusam dan kekuningan adalah paparan sinar matahari secara langsung. Agar warna putih pada dapur tetap terjaga, coba tambahkan tirai, kisi-kisi, atau penutup pada jendela dapur untuk membantu melindungi dapur Anda dari paparan sinar matahari.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dapur berwarna putih. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News