HOME, Keluarga

Mengenal Tipe-Tipe Apartemen yang Umum Ditemui di Indonesia

Mengenal Tipe-Tipe Apartemen yang Umum Ditemui di Indonesia

MOMSMONEY.ID - Selain rumah tapak, apartemen merupakan salah satu jenis hunian yang banyak ditemukan di Indonesia, terutama di kota-kota besar.

Dilansir dari laman PT Eticon, apartemen adalah suatu unit hunian mandiri yang menempati sebagian dari suatu bangunan gedung. Apartemen termasuk dalam jenis hunian vertikal karena berlokasi di bangunan bertingkat.

Apartemen sendiri menawarkan beragam kelebihan, seperti lokasinya yang strategis dan fasilitasnya yang cukup memanjakan penghuninya. Jadi, tidak heran bila apartemen banyak diminati masyarakat perkotaan.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Hunian di Indonesia, Apa Saja?

Nah, sebelum memutuskan untuk tinggal di apartemen, Anda perlu mengetahui tipe-tipe apartemen apa saja yang umumnya tersedia di Indonesia. Setiap tipe memiliki ciri khas serta keunggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apartemen Studio

Apartemen studio merupakan tipe apartemen yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Dikutip dari Traveloka, apartemen ini biasanya terdiri dari satu ruangan yang mencakup beragam fungsi, ditambah satu kamar mandi terpisah. Apartemen studio umumnya memiliki luas sekitar 30 m2.

Apartemen Alcove

Selanjutnya, ada apartemen alcove yang hampir sama dengan tipe apartemen studio. Bedanya, apartemen ini memiliki denah berbentuk L dengan ukuran yang lebih besar. Biasanya, area tempat tidur ditempatkan di area belokan sehingga memberikan kesan ruang tidur yang terpisah.

Baca Juga: Pahami Ciri Khas Rumah Cluster dan Keunggulannya

Apartemen Convertible

Apartemen convertible merupakan tipe apartemen yang terdiri dari satu ruangan saja, sehingga mirip dengan apartemen studio atau alcove. Perbedaannya, apartemen ini memiliki ukuran yang lebih luas dan dilengkapi dengan partisi atau pintu geser untuk memisahkan area tertentu, misalnya area tidur.

Apartemen 1 atau 2 Bedroom

Jika apartemen studio dan sejenisnya dirasa kurang luas, Anda bisa memilih tipe apartemen dengan 1 atau 2 kamar.

Dilansir dari Rukita, apartemen dengan 1 kamar tidur biasanya disebut dengan apartemen junior. Biasanya, tambahan ruangan ini cukup kecil dan hanya mampu memuat sedikit perabot, sehingga umumnya digunakan untuk kamar tidur.

Sementara itu, apartemen dengan 2 kamar tidur bisa ditempati oleh keluarga kecil karena jumlah ruangan yang lebih banyak.

Baca Juga: Kenali Ragam Tipe Rumah yang Banyak Diminati di Indonesia

Apartemen Duplex/Triplex

Apartemen duplex atau triplex adalah jenis apartemen dengan dua atau tiga lantai, sehingga disebut juga sebagai apartemen bertingkat. Di setiap lantainya, ada ruang yang umum ditemukan di rumah biasa, seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan lain-lain. Biasanya, apartemen jenis ini ditempati oleh dua orang atau dua keluarga sekaligus.

Apartemen Penthouse

Jenis apartemen yang satu ini tergolong paling luas di antara jenis apartemen lainnya. Apartemen penthouse biasanya memiliki beragam fasilitas yang mewah, seperti lift pribadi dan berlokasi di lantai paling atas di suatu bangunan apartemen. Jadi, pemandangan yang terlihat dari apartemen ini akan terlihat megah dan eksklusif.

Baca Juga: 4 Keuntungan Memiliki Plafon Rumah yang Tinggi, Salah Satunya Bikin Rumah Sejuk

Apartemen Loft

Apartemen loft merupakan jenis apartemen dengan plafon tinggi dengan tambahan mezzanine di atasnya. Mezzanine ini biasnaya digunakan sebagai area tidur, sedangkan area bawahnya dimanfaatkan untuk kamar mandi, dapur, ruang santai, dan lain-lain.

Apartemen Classic Six

Terakhir, ada tipe apartemen classic six yang terdiri dari 6 ruangan, yaitu 3 kamar tidur, ruang makan, dapur, dan ruang tamu. Biasanya, apartemen ini menggunakan gedung lama yang dialihfungsikan sebagai apartemen. Karena ukurannya yang luas, apartemen ini pun membuat penghuninya merasa leluasa bergerak di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News