HOME, Keluarga

Mengenal Berbagai Jenis Hunian di Indonesia, Apa Saja?

Mengenal Berbagai Jenis Hunian di Indonesia, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Hunian atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus tercukupi.

Hunian sendiri berfungsi sebagai tempat perlindungan manusia dari paparan cuaca, gangguan alam, dan hal-hal lainnya. Selain itu, hunian berfungsi sebagai tempat berkumpul dan bercengkrama bagi suatu keluarga.

Nah, hunian sendiri memiliki banyak ragam dan jenis, mulai dari rumah tapak, apartemen, rumah susun, hingga ruko. Semua jenis rumah tersebut memiliki karakteristik dan ciri khas yang membuatnya memiliki peminat sendiri-sendiri.

Baca Juga: Tren Desain Rumah Mewah Ini Diprediksi Populer di Tahun 2022, Lo!

Kira-kira, selain keempat jenis hunian di atas, apa saja jenis hunian lainnya yang ada di Indonesia? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Rumah tapak

Rumah tapak merupakan jenis rumah yang cukup umum ditemui di Indonesia.

Dilansir dari laman Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kulon Progo, rumah tapak memiliki ciri berupa bangunan yang langsung menapak tanah dengan hak kepemilikan yang bersifat tunggal.

Rumah tunggal

Rumah tunggal atau detached house merupakan salah satu jenis rumah tapak.

Bedanya, rumah tunggal dibangun di atas lahan yang luas, sehingga bangunannya terpisah dari rumah-rumah lainnya. Jenis hunian yang tergolong dalam rumah tunggal antara lain mansion, cottage, bungalow, atau vila.

Apartemen

Dilansir dari laman Adhyaksa Persada Indonesia, apartemen merupakan salah satu jenis rumah susun karena bentuknya yang nyaris sama. Namun, apartemen memiliki desain yang lebih mewah dan terletak di lokasi yang strategis, misalnya perkantoran atau pusat kegiatan lain.

Tak hanya itu, apartemen biasanya juga dilengkapi dengan beragam fasilitas, misalnya pusat perbelanjaan, pusat kebugaran, kolam renang, dan lain-lain.

Baca Juga: Kenali Ragam Tipe Rumah yang Banyak Diminati di Indonesia

Rumah susun

Rumah susun atau flat merupakan jenis hunian berbentuk vertikal yang dibangun secara bertingkat dan berderet. Rumah jenis ini biasanya disebut sebagai apartemen sederhana.

Dikutip dari Pinhome, jenis hunian ini biasanya dipasarkan pada kalangan menengah ke bawah yang memerlukan hunian terjangkau di tengah perkotaan yang padat dan minim lahan.

Baca Juga: Apa Itu Rumah Subsidi? Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Rumah cluster

Rumah cluster merupakan istilah yang merujuk pada kompleks perumahan yang dibangun secara berkelompok pada suatu lingkungan tertentu.

Biasanya, rumah-rumah yang berada dalam satu cluster dibangun dengan desain dan tipe yang serupa. Selain itu, rumah cluster memiliki sistem rumah terbuka alias tidak memiliki pagar khusus di rumahnya.

Rumah toko

Terakhir, ada jenis rumah toko atau ruko. Sesuai dengan namanya, ruko adalah suatu bangunan yang berfungsi ganda sebagai rumah dan toko (tempat usaha).

Biasanya, ruko terdiri dari dua tingkat. Rumah atau hunian tinggal ditempatkan di lantai atas, sedangkan toko atau tempat usaha ditempatkan di lantai bawahnya.

Itulah ragam hunian di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, adakah jenis hunian lainnya yang menurut Anda perlu ada di daftar di atas?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News