HOME, Keluarga

4 Keuntungan Memiliki Plafon Rumah yang Tinggi, Salah Satunya Bikin Rumah Sejuk

4 Keuntungan Memiliki Plafon Rumah yang Tinggi, Salah Satunya Bikin Rumah Sejuk

MOMSMONEY.ID - Walaupun jarang diperhatikan, plafon atau langit-langit sebenarnya termasuk komponen yang cukup penting di dalam rumah.

Pasalnya, keberadaan plafon bisa membantu melindungi isi rumah dari debu dan kotoran yang terjatuh dari atap. Selain itu, plafon juga bisa didesain dengan cantik sehingga menambah estetika rumah.

Plafon sendiri biasanya didesain dengan ketinggian tertentu. Jika Anda kebetulan memiliki plafon rumah yang tinggi, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, lo.

Penasaran apa saja keuntungan tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Kesalahan Dekorasi Rumah Minimalis yang Harus Anda Hindari

Membuat rumah terasa sejuk

Memiliki rumah dengan plafon yang tinggi ternyata bisa membuat rumah Anda terasa sejuk tanpa bantuan air conditioner, lo.

Dilansir dari Fabelio, plafon yang tinggi dapat memperlambat udara panas yang masuk ke rumah, sehingga udara yang berhasil masuk ke dalam rumah akan terasa lebih sejuk. Selain itu, plafon yang tinggi juga dapat membantu melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah.

Memberi kesan rumah besar

Mengutip Millionacres, plafon rumah yang tinggi dapat membuat rumah terasa lebih luas dan besar, karena memperbesar area dinding rumah.

Jadi, jika Anda berencana membangun rumah di lahan sempit, coba buat desain plafon yang tinggi untuk menghilangkan kesan kecil dan sempit pada hunian Anda.

Baca Juga: Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru

Membuat rumah terlihat cerah

Rumah dengan plafon tinggi akan membuat dinding menjadi lebih besar, sehingga Anda bisa menggunakan jendela yang lebih besar.

Jadi, sinar matahari yang masuk ke dalam rumah akan lebih banyak dan membuat rumah terlihat cerah. Dikutip dari Decoora, hal ini bisa memberikan kesan hangat dan ceria pada rumah Anda.

Memberi ruang lebih untuk dekorasi

Seperti yang sudah disebutkan pada poin-poin sebelumnya, plafon tinggi akan membuat dinding lebih besar dan tinggi. Jadi, Anda bisa memanfaatkan kelebihan ruang tersebut untuk memajang dekorasi berukuran besar dan tinggi tanpa takut membuat interior rumah terlihat penuh.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan rak tinggi sehingga menghemat ruang di lantai rumah. Pilihlah desain rak yang terlihat simpel, misalnya rak ambalan atau rak yang menempel di dinding.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki rumah dengan plafon tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News