HOME, Keluarga

5 Kesalahan Dekorasi Rumah Minimalis yang Harus Anda Hindari

5 Kesalahan Dekorasi Rumah Minimalis yang Harus Anda Hindari

MOMSMONEY.ID - Rumah bergaya minimalis sudah lama menjadi kesukaan banyak orang. Tidak heran, sebab rumah bergaya minimalis bisa memberikan kesan yang cantik dengan tampilan rumah yang sederhana.

Mendekorasi rumah supaya terlihat minimalis memang terdengar mudah. Namun, kenyataannya banyak orang yang membuat beberapa kesalahan sehingga rumah tidak lagi terlihat minimalis.

Kira-kira, apa saja kesalahan tersebut? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Kenali Ciri Khas Rumah Minimalis yang Simpel dan Cantik

Menggunakan dekorasi yang terlalu sedikit

Rumah yang minimalis memang mengedepankan penampilan interior rumah yang sederhana. Namun, hal ini bukan berarti Anda menggunakan dekorasi atau pernak-pernik yang terlalu sedikit, bahkan tidak ada sama sekali.

Dilansir dari Custom Home Group, ruangan yang memiliki dekorasi terlalu sedikit bisa memberi kesan dingin dan tidak menyenangkan, seakan-akan ruangan tersebut belum selesai didekorasi. Supaya tetap sesuai dengan prinsip minimalisme, gunakan dekorasi yang bersifat fungsional dalam jumlah secukupnya.

Menggunakan dekorasi yang terlalu banyak

Berkebalikan dengan poin sebelumnya, menggunakan dekorasi yang terlalu banyak sudah jelas akan membuat rumah Anda tidak terlihat minimalis. Selain itu, dekorasi yang terlalu banyak akan menghadirkan kesan berantakan dan penuh pada rumah Anda.

Jadi, pastikan Anda menggunakan dekorasi dengan jumlah secukupnya.  Singkirkan barang-barang yang menurut Anda kurang berguna supaya rumah Anda terlihat simpel dan minimalis.

Baca Juga: Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru

Menggunakan terlalu banyak warna

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan penghuni rumah adalah menggunakan terlalu banyak warna di suatu ruangan. Padahal, kombinasi warna yang terlalu banyak bisa memberi kesan berlebihan pada ruangan tersebut, sehingga tidak sejalan dengan konsep minimalisme yang simpel.

Supaya rumah terlihat minimalis, lebih baik gunakan kombinasi warna yang simpel, misalnya warna-warna monokrom atau warna netral. Untuk menghindari kesan datar dan membosankan, tambahkan warna yang kalem atau warna cerah sebagai aksen.

Baca Juga: 4 Tips Menata Dapur Minimalis Supaya Tampil Keren

Menggunakan furnitur yang tidak serasi

Sama seperti warna, furnitur yang digunakan dalam rumah minimalis juga harus terlihat serasi. Jika tidak, keseluruhan interior rumah Anda bisa terlihat tidak harmonis.

Namun, hal ini bukan berarti Anda menggunakan furnitur yang sangat serasi. Tetap tambahkan sentuhan personal Anda melalui beragam furnitur dengan tema yang senada, misalnya sama-sama berwarna coklat muda atau sama-sama terlihat simpel.

Mengabaikan aspek fungsionalitas

Untuk mewujudkan rumah yang minimalis, banyak orang yang sekadar menggunakan furnitur yang terlihat simpel tanpa memedulikan aspek fungsionalitasnya. Padahal, rumah yang minimalis juga harus tetap mengedepankan fungsionalitas di samping estetika.

Dikutip dari Huffpost, salah satu cara untuk memenuhi fungsionalitas dalam rumah minimalis adalah dengan menggunakan furnitur yang serbaguna. Misalnya, Anda bisa menggunakan meja TV yang dilengkapi dengan laci atau lemari untuk menyimpan barang-barang.

Itulah beberapa kesalahan dalam mendekorasi rumah minimalis yang perlu Anda hindari. Selamat mewujudkan rumah minimalis impian Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News