HOME, Keluarga

Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru

Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru

MOMSMONEY.ID - Menjelang tahun baru yang hanya tinggal menghitung hari, beragam persiapan untuk menyambutnya sudah mulai gencar dilakukan di rumah-rumah.

Di antara beragam persiapan tersebut, membersihkan dan merapikan rumah merupakan sesuatu yang paling umum dilakukan untuk menyambut tahun baru.

Pasalnya, rumah yang bersih dan rapi bisa membuat rumah terlihat berbeda di tahun baru. Selain itu, suasana hati Anda juga akan lebih bahagia dan nyaman saat menempati rumah yang bersih.

Baca Juga: Bukan Saja Bikin Nyaman, Rumah Bersih Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh!

Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui tips membersihkan rumah menjelang tahun baru!

Buat daftar pekerjaan yang akan dilakukan

Dikutip dari The Mummy Bubble, membuat daftar pekerjaan atau to-do list dapat membantu Anda membersihkan rumah dengan lebih teliti, karena Anda bisa memeriksa pekerjaan apa saja yang sudah dilakukan. Selain itu, daftar ini juga dapat memotivasi Anda untuk menyelesaikan kegiatan bersih-bersih di rumah.

Jadi, sebelum mulai membersihkan, periksa setiap sudut rumah dan buat daftar pekerjaan apa saja yang perlu dilakukan selama bersih-bersih.

Bersihkan rumah berdasarkan kegiatannya

Dibandingkan dengan berfokus pada satu ruangan setiap waktu, Anda bisa mencoba untuk berfokus pada satu kegiatan tertentu saat membersihkan rumah.

Misalnya, Anda bisa menyapu seluruh penjuru rumah terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan menggunakan vacuum atau mengepel. Hal ini bisa membantu Anda membersihkan rumah dengan lebih efisien dan mudah.

Mulai membersihkan dari area yang sering digunakan

Dilansir dari Makespace, salah satu cara termudah untuk mulai membersihkan rumah adalah dengan membersihkan area yang paling sering digunakan, misalnya ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang kerja. Sebab, area tersebut biasanya penuh dengan barang-barang yang berserakan.

Untuk membersihkan dan merapikan area tersebut, Anda bisa menggunakan metode decluttering. Singkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai atau tidak berguna, lalu lanjutkan membersihkan ruangan lainnya dengan metode yang sama.

Baca Juga: Jenis Kaca yang Umum Digunakan di Rumah, Apa Saja?

Perhatikan permukaan meja

Salah satu “tersangka” utama yang membuat rumah terlihat berantakan adalah keberadaan barang-barang di atas permukaan meja. Jadi, Anda perlu memperhatikan dan membersihkan permukaan meja dengan menyeluruh supaya rumah makin bersih.

Anda bisa membersihkan segala jenis meja yang ada di rumah, mulai dari meja ruang keluarga, meja makan, meja dapur, meja kerja, hingga nakas. Sama seperti poin sebelumnya, pilih area yang paling terlihat berantakan untuk dibersihkan dulu.

Jangan lupakan area-area kecil

Ketika membersihkan rumah, mungkin Anda pernah melewatkan beberapa area kecil seperti saklar lampu, pegangan pintu, kusen jendela, hingga karpet. Padahal, area-area ini sangat berpotensi menjadi sarang kotoran dan bakteri di rumah.

Jadi, pastikan Anda membersihkan rumah secara menyeluruh dan jangan melewatkan area-area kecil yang ada di rumah.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat membersihkan rumah menjelang tahun baru. Selamat mempraktikkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News