HOME, Keluarga

Bukan Saja Bikin Nyaman, Rumah Bersih Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh!

Bukan Saja Bikin Nyaman, Rumah Bersih Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh!

MOMSMONEY.ID - Banyak orang selama ini malas membersihkan rumah secara menyeluruh karena melelahkan dan menyita waktu.

Padahal, rumah yang bersih bisa mendatangkan beragam manfaat bagi penghuninya, lo. Misalnya, rumah yang bersih akan membuat penghuni rumah merasa sehat dan bahagia.

Tak hanya soal kesehatan dan kebahagiaan penghuni rumah, masih ada lagi manfaat dari rumah yang bersih. Apa sajakah itu? Dilansir dari Maid Sailors dan MyMove, berikut penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: 4 Kesalahan dalam Mengatur Pencahayaan Ini Bisa Bikin Rumah Terasa Suram, Lo!

Mengurangi alergi

Ketika membersihkan rumah secara menyeluruh, Anda akan turut membasmi segala jenis alergen, mulai dari debu, kutu, ketombe, hingga jamur.

Jadi, rumah yang bersih akan membantu mengurangi hal-hal yang dapat memicu alergi dan penyakit merugikan lainnya.

Terhindar dari kuman dan bakteri

Hampir sama dengan poin sebelumnya, kegiatan membersihkan rumah akan membantu Anda menyingkirkan bakteri, virus, dan kuman yang menempel di berbagai permukaan rumah.

Ketika rumah bersih, Anda dan keluarga pun dapat terhindar dari penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri, virus, dan kuman tersebut. Apalagi, di masa pandemi seperti sekarang, membersihkan rumah akan membantu Anda mengurangi penyebaran virus COVID-19.

Terhindar dari hama pengganggu

Mungkin Anda sudah paham bahwa rumah yang kotor akan menjadi sarang empuk bagi beragam hama rumah, mulai dari tikus, nyamuk, lalat, hingga kecoa. Tidak hanya mengganggu kenyamanan Anda, keberadaan hama tersebut juga dapat membawa beragam penyakit.

Jadi, bersihkan rumah secara rutin sehingga dapat meminimalisir risiko kedatangan hama-hama tersebut. Rumah terasa nyaman, Anda pun lebih sehat.

Baca Juga: Ini 6 Tips Gampang Agar Baju Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan

Mengurangi kecelakaan

Rumah yang berantakan dan kotor berarti memiliki banyak tumpukan barang dan kotoran di berbagai sudut rumah. Jika tidak dibersihkan dengan segera, tumpukan barang dan kotoran ini bisa mencelakakan Anda dan penghuni rumah lainnya.

Misalnya, barang yang berceceran di rumah bisa membuat Anda tersandung atau terpeleset di rumah. Atau, tumpukan barang-barang bisa goyah dan jatuh menimpa Anda. Jadi, membersihkan dan merapikan rumah secara rutin bisa membantu Anda mengurangi tumpukan barang dan meminimalisir kecelakaan.

Meningkatkan kesehatan mental

Keadaan lingkungan sekitar seperti kebersihan rumah dapat mempengaruhi suasana hati atau mood seseorang.

Rumah yang kotor dan berantakan dapat membuat penghuninya stres dan tidak nyaman, sementara rumah yang bersih dan rapi akan membuat suasana hati penghuninya akan lebih baik dan kesehatan mentalnya lebih terjaga.

Meningkatkan kesehatan fisik

Sama seperti kesehatan mental, rumah yang bersih dan rapi juga akan membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan fisik penghuninya.

Misalnya, kegiatan bersih-bersih rumah sendiri dapat membuat penghuni rumah lebih aktif. Selain itu, rumah yang bersih dan rapi dapat membuat kegiatan di rumah lebih tertata, sehingga penghuninya bisa lebih produktif dan beristirahat dengan lebih nyaman.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari rumah yang bersih dan rapi. Cukup banyak manfaatnya, kan? Oleh karena itu, jangan malas membersihkan rumah ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News