HOME, Keluarga

Jenis Kaca yang Umum Digunakan di Rumah, Apa Saja?

Jenis Kaca yang Umum Digunakan di Rumah, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Kaca merupakan salah satu material bangunan yang wajib ada.

Material yang satu ini sangat fleksibel dan multifungsi karena bisa dimanfaatkan menjadi beragam keperluan, seperti jendela, pintu, atap, hingga furnitur rumah.

Kaca berfungsi untuk memasukkan cahaya matahari ke suatu ruangan, sehingga interior ruangan tersebut akan terlihat cerah dan lapang. Tak hanya itu, kaca juga bisa menambah estetika suatu bangunan atau ruangan.

Baca Juga: Ingin Memaksimalkan Sinar Matahari di Rumah? Ini Caranya

Kaca sendiri memiliki beragam jenis dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, Anda bisa memilih kaca jenis apa yang cocok dengan hunian Anda.

Penasaran jenis kaca apa saja yang tersedia di pasaran? Berikut penjelasannya.

Kaca Bening

Kaca bening atau float glass merupakan jenis kaca yang paling umum digunakan. Dilansir dari Ruparupa.com, kaca bening memiliki permukaan yang bening, bersih, dan rata. Biasanya, kaca jenis ini digunakan untuk bagian interior dan eksterior rumah, terutama untuk jendela.

Kaca Es

Selanjutnya, ada kaca es atau frosted glass yang memiliki permukaan buram dan bertekstur pada satu sisinya.

Selain memberi kesan dekoratif, kaca jenis ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi intensitas cahaya matahari dan menghalangi pandangan orang. Jadi, kaca ini kerap digunakan pada pintu atau area shower kamar mandi.

Kaca Cermin

Disebut juga sebagai one way glass atau cermin satu arah, kaca cermin didesain supaya terlihat transparan di satu sisi dan memantulkan bayangan seperti cermin di sisi lainnya. Kaca jenis ini bisa digunakan untuk memberikan privasi sekaligus menambah nilai estetika pada rumah Anda.

Kaca Berwarna

Kaca berwarna atau tinted glass pada dasarnya merupakan kaca bening biasa yang diberi warna. Karena diberi tambahan warna, sifat tembus pandang dari kaca jenis ini menjadi lebih rendah. Kaca berwarna dapat memberi tampilan dekoratif yang cantik pada suatu ruangan.

Baca Juga: Mengenal Rumah Kontainer, Apa Saja Keunggulannya?

Kaca Laminasi

Dikutip dari Bramble Furniture, kaca laminasi adalah jenis kaca yang mengandung lapisan bernama polyvinyl butyral atau etilen vinyl acetate.

Kaca ini biasanya digunakan pada bagian yang rawan mengalami kecelakaan seperti skylight atau balkon, karena sifatnya yang tidak menyebar ke segala arah ketika pecah atau retak.

Kaca Tempered

Kaca tempered atau tempered glass merupakan jenis kaca yang memiliki kekuatan dan daya tahan sekitar 3-5 kali lebih tinggi dibandingkan kaca biasa dengan ketebalan yang sama.

Kaca ini juga tahan terhadap angin, air, benturan, serta suhu. Selain itu, kaca ini juga aman karena sifatnya yang menjadi butiran halus saat pecah.

Baca Juga: Lantai Parket vs Lantai Vinyl, Pilih Mana? Berikut Perbandingannya

Kaca Patri

Kaca patri adalah jenis kaca yang terbuat dari potongan-potongan kaca berukuran kecil beraneka warna yang disusun sehingga menyerupai mozaik.

Karena menggunakan kaca berwarna, kaca patri dapat berfungsi sebagai unsur dekoratif di dalam rumah sambil mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah.

Kaca Double Glassing

Terakhir, ada jenis kaca double glassing yang terdiri dari dua lapisan kaca atau lebih. Lapisan kaca ini dipisahkan menggunakan sejenis spacer, sehingga tercipta celah di antara keduanya.

Kaca jenis ini dapat membantu mengurangi panas matahari sehingga suhu ruangan akan lebih sejuk.

Itulah beberapa jenis kaca yang biasa digunakan untuk rumah atau hunian. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News