HOME, Keluarga

Mengenal Rumah Kontainer, Apa Saja Keunggulannya?

Mengenal Rumah Kontainer, Apa Saja Keunggulannya?

MOMSMONEY.ID - Perkembangan model atau tipe rumah seakan tidak ada habisnya, mulai dari rumah mini hingga rumah mobile yang bisa dipindah-pindah sesuai keinginan pemiliknya.

Dari beragam model rumah unik yang ada, rumah kontainer adalah model atau tipe rumah yang tidak boleh Anda lewatkan. Berbeda dengan rumah pada umumnya, rumah model ini menggunakan kontainer sebagai bahan bangunannya.

Penasaran dengan model rumah yang satu ini? Dirangkum dari Rukita dan Fabelio, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Beragam Penyebab Mati Lampu di Rumah, Yuk Cari Tahu!

Apa Itu Rumah Kontainer?

Sesuai dengan namanya, rumah kontainer adalah rumah yang menggunakan shipping container atau peti kemas sebagai material bangunannya.

Konsep rumah kontainer ini awalnya populer di Eropa dan Amerika. Namun, saat ini sudah banyak penduduk Asia yang menggunakan rumah kontainer sebagai hunian.

Selain untuk hunian, kontainer juga kerap digunakan pada restoran atau kafe yang mengusung gaya industrial.

Kelebihan Rumah Kontainer

Kepopuleran rumah kontainer tentu dibarengi dengan kelebihan yang dimilikinya. Berikut beberapa kelebihan dari rumah kontainer:

  • Penampilannya unik, sehingga bisa meningkatkan nilai estetika hunian Anda.
  • Kokoh, karena terbuat dari material besi. Rumah kontainer juga cenderung antigempa karena strukturnya yang dapat meredam getaran.
  • Mudah dipindahkan karena bentuknya yang ringkas, sehingga dapat memudahkan Anda jika perlu berpindah lokasi.
  • Tidak perlu izin bangunan, karena dianggap sebagai bangunan semi-permanen yang sifatnya sementara.
  • Harganya cenderung lebih terjangkau bila dibandingkan rumah tapak biasa dengan ukuran sama.
  • Pengerjaan yang cepat, yaitu sekitar 1-3 bulan dibandingkan dengan rumah biasa yang umumnya memakan waktu 6 bulan hingga 1 tahun.
  • Ramah lingkungan, karena rumah kontainer menggunakan kontainer bekas yang sudah tidak terpakai. Hal ini tentunya dapat membantu memperpanjang masa pakai kontainer dan mengurangi limbah.

Baca Juga: Tertarik Bangun Rumah Kayu? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya yang Harus Anda Tahu

Kekurangan Rumah Kontainer

Walaupun rumah kontainer memiliki banyak kelebihan, ada beberapa poin minus dari model rumah ini yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mudah panas, karena rumah kontainer terbuat dari besi atau logam yang dapat menyerap suhu dari lingkungan sekitarnya. Rumah kontainer bisa terasa pengap dan panas jika matahari sedang terik di siang hari.
  • Pengirimannya cukup sulit, karena membutuhkan truk berukuran besar yang hanya mampu melalui jalan-jalan besar.
  • Ukuran sudah ditentukan sehingga tidak bisa di­-custom sesuai keinginan. Jika Anda ingin membangun rumah kontainer yang cukup besar, belilah beberapa kontainer sekaligus.

Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui soal rumah kontainer. Bagaimana, tertarik menghuni rumah dengan konsep seperti ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News