HOME, Keluarga

Ingin Memaksimalkan Sinar Matahari di Rumah? Ini Caranya

Ingin Memaksimalkan Sinar Matahari di Rumah? Ini Caranya

MOMSMONEY.ID - Sinar matahari tak hanya bermanfaat untuk menerangi rumah, tapi juga berguna untuk estetika rumah dan kesehatan penghuninya.

Memang, tidak semua rumah mampu mendapatkan sinar matahari yang optimal. Namun, Anda bisa melakukan beberapa trik atau cara untuk memaksimalkan sinar matahari di rumah, sehingga interior rumah Anda tidak terlalu suram atau sumpek.

Bagaimana caranya? Jangan khawatir, tidak sulit kok. Dilansir dari Livspace dan Alure.com, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan sinar matahari di rumah.

Baca Juga: Mengenal Karakteristik Kayu Jati Belanda yang Kokoh dan Tahan Lama

Jendela besar

Jika Anda baru akan membangun rumah atau merenovasi rumah, manfaatkan kesempatan ini untuk memasang jendela besar di rumah.

Jendela besar dapat membantu memasukkan sinar matahari alami sebanyak-banyaknya ke dalam rumah, sehingga dapat menerangi isi rumah tanpa bantuan lampu di pagi dan siang hari.

Cermin

Salah satu trik yang umum digunakan untuk membuat rumah terasa lebih lapang dan cerah adalah dengan menggunakan cermin berukuran besar.

Cermin besar yang dipasang pada dinding dapat membantu memantulkan dan menyebarkan sinar matahari ke seluruh rumah. Anda juga bisa memanfaatkan permukaan reflektif lainnya, misalnya dinding dengan cat glossy.

Warna-warna terang

Selain cermin, Anda juga bisa menggunakan warna-warna terang pada interior rumah untuk membantu memantulkan dan menyebarkan sinar matahari ke seluruh rumah.

Pilihlah warna terang seperti putih atau warna-warna pastel untuk dinding rumah dan furnitur. Tak hanya membuat ruangan terlihat cerah dan lapang, warna terang juga menyerap panas sehingga dapat membantu menjaga suhu ruangan tetap sejuk.

Baca Juga: Tak Perlu Budget Mahal, Ini Caranya Mendekorasi Rumah Supaya Terlihat Mewah

Tirai tipis

Untuk mendapatkan sinar matahari alami sebanyak-banyaknya, biasanya pemilik rumah memilih untuk membuka jendela rumah. Namun, hal ini mungkin membuat penghuni rumah tidak nyaman karena merasa terekspos.

Supaya masalah tersebut teratasi, Anda bisa memilih untuk menggunakan tirai yang tipis untuk digunakan di rumah pada siang hari. Selain membantu memberikan privasi, tirai juga dapat “melembutkan” sinar matahari yang masuk ke rumah supaya tidak terlalu terik.

Penempatan furnitur

Penempatan furnitur atau perabot rumah sangat berpengaruh pada tingkat pencahayaan alami di rumah. Jadi, Anda perlu memperhatikan aspek yang satu ini dengan baik.

Misalnya, saat menempatkan furnitur di rumah, pastikan furnitur tersebut tidak menghalangi sinar matahari yang masuk ke rumah. Tempatkan furnitur yang rendah di dekat pintu atau jendela supaya sinar matahari dapat masuk dengan bebas.

Skylight

Jika di rumah Anda tidak memungkinkan untuk menambah jendela, coba pertimbangkan untuk memasang skylight atau panel kaca pada atap rumah Anda.

Penggunaan skylight bisa membantu menerangi rumah langsung dari bagian atas, terutama untuk area rumah yang sulit mendapatkan sinar matahari dari jendela. Supaya sinar mataharinya tidak terlalu terik, gunakan kaca buram pada skylight.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan sinar matahari di dalam rumah. Bagaimana, tidak sulit kan? Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News