CLOSE [X]
ads

Pahami Ciri Khas Rumah Cluster dan Keunggulannya

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 05 Januari 2022 | 15:01 WIB
Pahami Ciri Khas Rumah Cluster dan Keunggulannya

ILUSTRASI. Perumahan cluster biasanya memiliki tipe rumah yang seragam dan memiliki fasilitas umum.


MOMSMONEY.ID - Ketika mencari-cari referensi soal hunian, mungkin Anda sering mendengar istilah rumah cluster. Jenis rumah atau hunian yang satu ini memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak pengembang yang menawarkan konsep rumah cluster sebagai hunian yang ideal.

Namun, tahukah Anda apa itu rumah cluster? Apa saja karakteristik dan alasan jenis hunian ini banyak diminati?

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Hunian di Indonesia, Apa Saja?

Jika Anda punya pertanyaan-pertanyaan di atas, mari simak ulasan berikut ini!

Deskripsi rumah cluster

Dilansir dari laman Adhyaksa Persada Indonesia, rumah cluster adalah istilah yang merujuk pada suatu kompleks perumahan yang dibangun secara berkelompok.

Pada umumnya, cluster dibangun di suatu lingkungan tertentu dan memiliki bentuk rumah yang serasi. Perumahan dengan jenis rumah cluster biasanya memiliki tipe rumah yang seragam dan memiliki fasilitas umum yang dapat dinikmati para penghuni perumahan tersebut.

Rumah cluster umumnya diminati oleh mereka yang sudah berkeluarga dan menginginkan lingkungan rumah yang modern dan cukup akrab satu sama lain. Jadi, jika Anda cenderung menyukai privasi dan kurang suka bergaul, mungkin hunian jenis ini kurang cocok untuk Anda.

Baca Juga: Kenali Ragam Tipe Rumah yang Banyak Diminati di Indonesia

Karakteristik rumah cluster

Jika dibandingkan dengan jenis rumah lainnya, rumah cluster memiliki ciri khas yang membuatnya mudah dikenali. Mengutip Prospeku dan Homify, berikut ciri-ciri rumah cluster:

Memiliki desain rumah yang seragam. Pada dasarnya, desain rumah cluster yang seragam dapat membantu pengembang menghemat ongkos pembangunan. Pengembang perumahan juga bisa membangun beberapa kelompok cluster dengan desain rumah yang berbeda di dalam satu perumahan.

Dibangun tanpa pagar. Selain fasad (tampak depan) rumah yang sama, rumah-rumah cluster biasanya tidak memiliki pagar dan menggunakan tembok beton untuk memisahkan satu rumah dengan rumah lainnya. Hal ini bisa menghilangkan sekat antartetangga sehingga hubungan dengan warga bisa lebih erat.

Memiliki satu akses keluar-masuk. Biasanya, perumahan cluster memiliki satu atau dua gerbang masuk utama yang dijaga 24 jam oleh petugas keamanan. Orang yang keluar-masuk perumahan wajib lapor pada petugas keamanan. Hal ini bisa membantu menjamin keamanan di dalam perumahan tersebut.

Memiliki fasilitas bersama di dalam perumahan. Salah satu ciri khas dari suatu perumahan cluster adalah fasilitas bersama untuk penghuni perumahan yang disediakan oleh pengembang. Jenis fasilitasnya beragam, mulai dari ruang terbuka hijau, pusat kebugaran, hingga tempat ibadah.

Baca Juga: Ragam Tren Desain Dapur yang Layak Dicoba Tahun 2022

Keunggulan rumah cluster

Kepopuleran jenis rumah cluster tentu bukan tanpa alasan. Berikut beberapa keunggulan rumah cluster yang membuatnya banyak digemari:

  • Sistem keamanan yang terjamin, karena ada petugas keamanan yang berjaga 24 jam dan setiap orang yang keluar-masuk perumahan wajib lapor.
  • Kehidupan sosial dengan tetangga akan terjalin erat, karena jarak rumahnya yang saling berdekatan dan tidak dipisahkan oleh pagar.
  • Memiliki fasilitas lengkap, sehingga penghuni cluster bisa melakukan beragam aktivitas dengan nyaman tanpa perlu pergi jauh-jauh ke luar perumahan.
  • Mudah direnovasi, karena desain rumahnya yang sederhana.
  • Memiliki nilai investasi tinggi, karena terletak di lokasi yang strategis dan memiliki fasilitas lengkap sehingga mudah dijual kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru