HOME, Keluarga

Mengenal Tanaman Kaktus Prickly Pear yang Buahnya Bermanfaat untuk Kesehatan

Mengenal Tanaman Kaktus Prickly Pear yang Buahnya Bermanfaat untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Tanaman kaktus tentu sudah tak asing lagi bagi Anda. Ada berbagai macam jenis kaktus yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias, beberapa jenis juga dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi.

Salah satunya adalah buah prickly pear. Di Indonesia, prickly pear biasa dikenal dengan sebutan buah pir berduri. Dilansir dari gardendesign.com, pir berduri adalah subkelompok Opuntia, diidentifikasi oleh bantalannya yang lebar, rata, bercabang, dan sering disebut kaktus nopal atau kaktus dayung.

Kaktus ini cukup besar, batangnya dapat tumbuh hingga 5-7 meter. Cladodes (bantalan besar) ini berwarna hijau hingga biru-hijau.

Hampir sebagian besar varietasnya memiliki kombinasi duri yang dapat dilepas dan rambut berduri (glochids) yang dapat menyebabkan reaksi alergi kulit yang signifikan. Namun, tidak memiliki tulang belakang di tengah daunnya yang tebal.

Baca Juga: 5 Jenis Jamur Pangan yang Dapat Dibudidayakan dan Bergizi

Bunganya juga besar dan tumbuh di ujung bantalan di awal musim panas. Mereka biasanya berwarna merah, kuning, atau oranye bergantung jenis dan lokasi pertumbuhannya. Kaktus pricly pear memiliki buah yang bisa dimakan. Warnanya dapat berupa merah, merah anggur, hijau, atau kuning-oranye.

Buah kaktus berduri ini tentu aman dimakan karena mengandung protein, serat, kalsium, zat besi, zinc, magnesium, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B kompleks.

Kaya kandungan nutrisi, buah ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, memperkuat tulang dan gigi, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, serta dapat dijadikan makanan pendamping untuk membantu menurunkan berat badan.

Buah pir berduri ini bahkan kerap dijadikan sebagai menu olahan di wilayah Meksiko dan di wilayah Mediterania.B uah pir berduri dapat dipanen sepanjang tahun, paling tidak 6 kali setahun.

Namun, sebelum mengonsumsinya, Anda perlu membersihkan duri yang menancap di badan buahnya. Setelah bersih, belah buah menjadi dua bagian, dan Anda dapat menikmati isi dagingnya yang disebut tuna.

Baca Juga: Ini yang Dialami Tanaman Jika Kekurangan Air

Kaktus prickly pear dapat tumbuh di tempat terbuka dan kering, sering kali di bebatuan berkaput atau tanah tipis. Tempat tersebut dapat ditemukan di pagar, pinggir jalan, rawa berbatu, tebing, tambang, bukit pasir, dan padang rumput. Di dunia, kaktus ini banyak ditemukan di Amerika Serikat, New Mexico, dan Montana Timur ke Florida.

Jika Anda ingin memeliharanya, Anda dapat menanam atau melakukan perbanyakan dengan stek yang dapat dimulai kapan saja, baik di musim semi maupun musim panas. Kaktus prickly pear membutuhkan sinar matahari langsung yang penuh, kondisi tanah kering yang baik, dan tak butuh banyak air.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan sarung tangan tebal dan berlengan panjang untuk menjaga diri dari durinya yang menyakitkan. 

Selanjutnya: Tak Banyak Diketahui, Ini 5 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Kaktus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News