HOME, Keluarga

Ini yang Dialami Tanaman Jika Kekurangan Air

Ini yang Dialami Tanaman Jika Kekurangan Air

MOMSMONEY.ID - Dalam hidupnya, tanaman selalu membutuhkan air untuk tumbuh dan berkembang. Air memiliki beberapa fungsi utama bagi tanaman, seperti pengisi cairan tubuh tanaman, pelarut unsur hara yang ada di dalam tanah, membantu mengalirkan unsur hara ke sel-sel tanaman, dan membantu terjadinya proses fotosintesis.

Keberadaan air ini tentu harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tanaman. Dilansir dari cybex.pertanian.go.id, lahan pertanaman yang mengalami kekurangan air akan menyebabkan aerasi udara dalam tanah menjadi terganggu dan suplai oksigen dalam tanah tidak lancar. Jika ini terjadi, fungsi dan pertumbuhan akar sebagai bagian tanaman yang penting akan terhenti. Oleh karena itu, air menjadi sangat penting bagi tanaman.

Tanaman yang kekurangan air umumnya akan menunjukkan berbagai tanda-tanda sebelum akhirnya mati kekeringan. Berikut hal-hal yang dialami tanaman jika kekurangan air.

Baca Juga: Tak Banyak Diketahui, Ini 5 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Kaktus

Perubahan Daun

Saat kekurangan air, daun tanaman lebih sering menunjukkan tanda-tanda pertama. Mereka akan mulai layu atau terkulai karena kurangnya kelembapan. Daun akan menjadi kusam dan berwarna kekuningan atau kecokelatan saat kekurangan air berkepanjangan. Selain itu, ujung daunnya juga akan kering dan hangus di sepanjang tepi daun.

Pertumbuhan Tanaman Melambat

Dilansir dari SFGate, tanaman yang tidak menerima cukup air menunjukkan perlambatan pertumbuhan. Jika kekurangan air sementara, pertumbuhan yang melambat hanya terjadi secara singkat. Akan tetapi, jika tanaman berhenti mendapatkan air dalam jangka panjang dapat menyebabkan tanaman berhenti sepenuhnya.

Pertumbuhan yang melambat ini ditandai dengan ukuran daun yang tampak lebih kecil, tidak kunjung berbunga dan berbuah, serta tanaman tampak kerdil. Pada pohon dan semak, beberapa cabang mungkin akan mati, jatuh, dan kering.

Baca Juga: Dampak Negatif Penggunaan Pupuk Kimia Berlebihan

Penurunan Produksi

Tanaman yang kekurangan air akan mengalami pertumbuhan yang melambat, artinya tanaman akan mengalami penurunan produksi juga dari hasil pertumbuhannya. Tanaman berbunga, pohon, atau tanaman lainnya akan menumbuhkan lebih sedikit tunas baru dan menghasilkan lebih sedikit bunga yang sering kali akan gagal berkembang.

Namun, jika Anda segera menyadari hal ini, pemberian air dalam jangka waktu pendek akan kembali meningkatkan produksi tanaman. Sebaliknya, jika tanaman tak kunjung mendapatkan air, tanaman akan kering dan mati. Ini karena tanaman gagal dalam proses fotosintesisnya, sehingga mereka akan mati karena kekurangan makanan.

Selanjutnya: Langkah-Langkah Pembuatan Pupuk Kompos dari Sisa Sayuran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News