HOME, Keluarga

Tak Banyak Diketahui, Ini 5 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Kaktus

Tak Banyak Diketahui, Ini 5 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Kaktus

MOMSMONEY.ID - Mungkin masih banyak orang yang masih asing dengan hidangan kaktus. Namun faktanya, tanaman yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias ini ternyata bisa dimakan. Meski hanya beberapa jenis kaktus yang dapat dikonsumsi, ternyata dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan loh.

Bagian kaktus yang bisa dimakan adalah buahnya, beberapa di antaranya mungkin dapat memakan daunnya. Anda dapat memakan mentah-mentah buahnya, tetapi perlu memasak bagian yang lain. Berikut manfaat kesehatan mengonsumsi kaktus.

Baca Juga: Manfaat yang Diperoleh Saat Menaruh Kaktus di Dalam Ruangan

Menurunkan Kadar Kolestrol

Pada buah kaktus prickly pear, mengandung serat yang tinggi dan dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Kaktus merupakan makanan yang rendah lemak dan kalori. Ini dapat membantu Anda untuk menurunkan lemak tubuh, tekanan darah, dan kadar kolestrol. Dengan begitu, ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit seperti stroke, jantung koroner, dan penyakit pembuluh darah perifer.

Mengurangi Gula Darah

Gula darah tinggi dalam tubuh merupakan gejala dari beberapa penyakit, seperti diabetes, stroke, dan jantung. Dilansir dari Webmd.com, sebuah penelitian di Meksiko mengukur perbedaan antara mereka yang memasukkan bantalan kaktus dalam makanan mereka dan mereka yang tidak, lalu ditemukan bahwa mereka yang secara teratur makan kaktus menunjukkan penurunan kadar gula darah yang signifikan. Ini karena zat pectin dan serat yang terkandung di dalamnya.

Namun, bukan berarti Anda hanya memakan kaktus saja untuk menurunkan gula darah. Akan tetapi, Anda dapat menambahkannya dalam makanan untuk membantu menormalkan kadar gula darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kaktus khususnya merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, ini akan meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga seseorang dapat menurunkan risiko terkena penyakit dan membantu melawan virus jika Anda terinfeksi.

Selain itu, vitamin C juga memiliki berbagai manfaat seperti menyerap zat besi, merawat tulang, menyembuhkan luka, memperbaiki jaringan tubuh, dan lain-lain. Tak hanya vitamin C, kaktus juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti protein, serat, vitamin A, vitamin K, kalsium, dan mineral lainnya.

Baca Juga: Macam-Macam Alternatif Media Tanam Organik

Pembersihan Usus Besar

Dilansir dari Cactusway.com, kandungan serat yang tinggi dalam kaktus tak hanya untuk menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolestrol, tetapi juga membantu membersihkan usus besar. Jika kondisi usus besar bersih, ini akan membuat fungsi usus besar menjadi semakin normal.

Kaktus mengandung banyak serat yang penting bagi proses pencernaan. Kandungan serat pada makanan membuat feses menjadi padat sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran cerna. Maka, kaktus dapat juga menjadi solusi masalah yang berkaitan dengan buang air besar tak lancar dan sembelit. Selain itu, kaktus juga mengandung antioksidan yang dapat menghilangkan peradangan pada usus besar.

Mengurangi Frekuensi Migrain

Migrain adalah sakit kepala berulang yang sering menyerang sebelah sisi kepala dan terkadang disertai mual, hingga pandangan yang mengabur. Beberapa pemicu migrain adalah makanan seperti alkohol, stres, kafein berlebih, dan pola tidur yang tak teratur.

Dalam buah kaktus, terdapat senyawa anti-inflamasi yang diperlukan untuk menstabilkan migrain. Jika Anda mengonsumsinya secara teratur, ini akan mengurangi frekuensi dan intensitasnya. Namun, Anda juga perlu menghindari pemicu migrain dan melakukan istirahat yang cukup.

Selanjutnya: 5 Jenis Buah Tanaman Kaktus yang Bisa Dimakan dan Manfaatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News