HOME, Keluarga

Mengenal Spray Mop, Alat Pel Lantai yang Praktis dan Mudah Dipakai!

Mengenal Spray Mop, Alat Pel Lantai yang Praktis dan Mudah Dipakai!

MOMSMONEY.ID - Di zaman modern seperti sekarang, kemudahan dan kepraktisan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari sudah menjadi suatu keharusan. Salah satu kegiatan yang dituntut menjadi semakin praktis dan mudah adalah pekerjaan rumah tangga seperti mengepel lantai.

Anda yang sering mengepel lantai pasti sudah akrab dengan kegiatan membawa-bawa ember berisi larutan pengepel ke seluruh penjuru rumah dan memeras kain pel untuk mengeluarkan airnya. Tidak jarang kegiatan ini terasa merepotkan dan membuat pelakunya merasa lelah setiap kali harus mengepel lantai.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada alat pel praktis bernama spray mop. Alat ini hadir sebagai alternatif alat pel yang dapat memberi kemudahan saat mengepel lantai.

Anda tertarik mengetahui lebih lanjut soal alat ini? Dirangkum dari Bolde Indonesia, Kleaner Indonesia, dan bobvila.com, berikut hal-hal mendasar soal spray mop yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Mau Mendesain Kamar Mandi? Pahami Dulu Aturan Dasarnya

Apa itu spray mop?

Spray mop adalah alat pel bergagang panjang yang dilengkapi tabung air dan semprotan di bagian bawahnya. Semprotan tersebut berfungsi untuk menyemprotkan larutan pembersih yang ada dalam tabung.

Untuk menyemprotkan air atau larutan pembersih, Anda tinggal menarik pelatuk atau tuas pada bagian atas gagang pel. Lantai yang sudah disemprot tersebut kemudian digosok oleh kain pipih yang terpasang di bagian bawah spray mop.

Selain memudahkan Anda saat mengepel, spray mop juga dapat mencegah lantai yang terlalu basah atau becek setelah dipel. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mudah tergelincir atau terpeleset saat lantai belum kering setelah dipel.

Kelebihan spray mop

Sebagai salah satu alat rumah tangga yang inovatif, spray mop tentu memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan alat pel biasa.

Salah satunya adalah desain spray mop yang mudah digunakan. Anda tinggal menarik tuas di bagian atasnya untuk menyemprotkan air ke lantai sehingga tidak perlu repot-repot mencelupkan dan memeras air dari ember.Tangan Anda pun tidak perlu kotor karena menyentuh kain pel.

Keberadaan tabung air pada bagian bawah juga memudahkan Anda saat mengepel karena tidak harus membawa-bawa ember berisi cairan pengepel yang berat dan mudah tumpah. Cukup isi tabung air dengan cairan pengepel dan air, kemudian pasangkan tabung ke alat pel dan spray mop siap digunakan.

Spray mop biasanya memiliki desain yang tinggi dan ramping. Selain memudahkan penyimpanan karena tidak memakan tempat, spray mop memudahkan Anda saat mengepel karena bobotnya yang ringan sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Lalu, kepala spray mop biasanya memiliki bentuk yang pipih dan bisa diputar 360 derajat sehingga mudah menjangkau sudut rumah.

Hampir semua spray mop yang tersedia di pasaran bisa dioperasikan tanpa menggunakan listrik atau baterai, jadi Anda tidak perlu repot-repot mencolokkan alat ini ke listrik atau mengisi baterainya. Ini tentu memudahkan Anda untuk membersihkan rumah tanpa takut kehabisan daya atau boros listrik.

Baca Juga: Bikin Rumah Makin Artistik, Simak Tips Membuat Mural Art di Dinding Rumah

Memilih spray mop

Dalam memilih spray mop yang tepat untuk Anda, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda praktikkan.

  • Pilih material yang kokoh dan tidak mudah rusak. Kebanyakan spray mop yang tersedia di pasaran menggunakan gabungan bahan stainless steel dan plastik yang kokoh dan awet.
  • Pilih desain yang mudah digunakan. Jika memungkinkan, datanglah ke toko dan coba alatnya secara langsung untuk merasakan apakah spray mop mudah Anda gunakan, misalnya dari segi bobot hingga kemudahan menjangkau tempat sulit.
  • Perhatikan kapasitas tabung air. Biasanya tabung air spray mop memiliki kapasitas sekitar 300-350 ml. Kapasitas tabung air ini dapat mempengaruhi bobot spray mop saat digunakan, jadi pilihlah spray mop dengan kapasitas tabung air yang sesuai.
  • Pastikan semprotan kuat dan menjangkau area luas. Selain itu, pastikan semprotan airnya halus sehingga lantai tidak terlalu becek atau basah saat Anda menggunakan spray mop.
  • Perhatikan jenis kain pel. Biasanya spray mop menggunakan kain microfiber dengan serat rapat yang bisa dicuci dan dipakai ulang. Kain ini pun mudah dibersihkan dan cocok untuk semua jenis lantai.
  • Perhatikan apakah produsen menjual spare part. Umumnya, produsen spray mop menyediakan berbagai spare part seperti kain pel tambahan supaya memudahkan Anda untuk mengganti bagian-bagian yang rusak.

Bagaimana, konsep spray mop ini cukup menarik, bukan? Apakah Anda tertarik menggunakan alat pel yang satu ini?

Selanjutnya: Tips Mendekorasi Rumah dengan Bohemian Style, Interior Rumah Makin Unik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News