HOME, Keluarga

Tips Mendekorasi Rumah dengan Bohemian Style, Interior Rumah Makin Unik!

Tips Mendekorasi Rumah dengan Bohemian Style, Interior Rumah Makin Unik!

MOMSMONEY.ID - Bohemian style alias gaya bohemian merupakan gaya interior rumah yang bisa Anda coba jika bosan dengan gaya minimalis yang simpel dan sederhana.

Berkebalikan dengan gaya minimalis, gaya bohemian atau boho justru menekankan penampilan ruangan yang terlihat ramai dan meriah dengan memadukan beragam warna dan pola pada satu ruangan.

Karena tidak mengikuti aturan dekorasi interior yang konvensional, sebenarnya tidak ada ketentuan yang mengikat soal gaya bohemian.

Namun, mendekorasi rumah dengan gaya bohemian juga tidak boleh sembarangan. Gaya bohemian memiliki beberapa ciri khas yang perlu Anda pahami supaya penampilan ruangan terlihat serasi dan harmonis.

Dilansir dari The Spruce, Decor Aid, dan bhg.com, berikut beberapa tips mendekorasi rumah dengan bohemian style yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Baca Juga: Catat, Ini 7 Hal yang Wajib Ada di Kamar Minimalis ala Korea!

Warna netral sebagai dasar

Walaupun gaya bohemian menekankan kombinasi warna dan pola yang beragam, Anda tetap perlu menggunakan warna netral yang simpel sebagai dasar. Anda dapat menggunakan warna ini pada dinding, lantai, dan langit-langit ruangan.

Penggunaan warna netral dapat menyeimbangkan penampilan ruangan bergaya bohemian yang biasanya cenderung terlihat ramai oleh berbagai kombinasi warna dan pola. Pilihlah warna-warna netral yang simpel dan memiliki tone hangat dan earthy, misalnya putih, kuning gading, atau coklat muda.

Jangan takut mencampur warna dan pola

Kunci utama dari gaya bohemian atau boho adalah menggunakan warna-warna dan pola yang kontras, namun tetap saling melengkapi. Dari pola bunga-bunga hingga geometris, semuanya bisa dikombinasikan dalam ruangan bergaya bohemian.

Walaupun tidak ada aturan khusus soal kombinasi warna pada gaya bohemian, sebaiknya Anda tetap menggunakan kombinasi warna yang konsisten sehingga ruangan masih terlihat serasi. Jika Anda kurang menyukai warna-warna cerah, coba gunakan warna yang sedikit lebih tua dan terlihat “kalem” seperti olive green, mustard yellow, atau oranye tua.

Gunakan material alam

Interior ruangan bergaya bohemian biasanya identik dengan penggunaan material berbahan alam, seperti rotan, kayu, atau rami. Anda bisa menggunakan furnitur kayu dan rotan, dekorasi macrame, atau pernak-pernik dari tali rami. Penggunaan material yang beragam pun dapat menambah tekstur yang menarik dalam ruangan.

Selain penggunaan furnitur dan dekorasi berbahan alam, keberadaan tanaman juga penting dalam dekorasi gaya bohemian. Pilihlah tanaman hias indoor dengan desain yang cantik dan minimalis sehingga dapat mempercantik penampilan ruangan.

Baca Juga: Bikin Rumah Makin Artistik, Simak Tips Membuat Mural Art di Dinding Rumah

Tambahkan nuansa internasional dan etnik

Gaya bohemian menyukai perpaduan budaya yang berbeda di dalam satu ruangan. Karena itu, sah-sah saja bila Anda menggabungkan pernak-pernik etnik dari negara-negara yang berbeda. Perpaduan budaya yang berbeda tersebut justru menciptakan nuansa internasional yang menarik di dalam ruangan.

Anda bisa menggunakan barang-barang unik yang Anda dapatkan saat traveling, atau kunjungi toko dekorasi rumah untuk menemukan pernak-pernik lucu yang bisa memberi nuansa internasional dan etnik pada ruangan.

Gunakan barang-barang vintage

Furnitur dan dekorasi yang digunakan dalam gaya bohemian biasanya terlihat “bekas” atau vintage. Jadi, sebisa mungkin hindari penggunaan barang-barang yang terlihat baru atau modern.

Anda bisa mendapatkan barang-barang tersebut dari toko barang antik, thrift shop, atau bahkan menggunakan barang peninggalan keluarga.

Pastikan tetap terlihat kasual dan nyaman

Walaupun gaya bohemian terkesan ramai, pada dasarnya gaya ini mengutamakan kenyamanan penghuninya. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan ruangan tetap terlihat kasual dan nyaman.

Anda bisa menggunakan bantal duduk, sofa yang empuk, karpet, atau furnitur yang rendah sehingga Anda bisa lesehan di lantai dengan mudah. Intinya, pilihlah furnitur atau pernak-pernik yang memberi kesan cozy atau nyaman pada ruangan.

Selanjutnya: Giveaway Token Listrik PLN 5-9 September, Bisa Dapat Token Gratis Rp 200 Ribu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News