HOME, Keluarga

Bikin Rumah Makin Artistik, Simak Tips Membuat Mural Art di Dinding Rumah

Bikin Rumah Makin Artistik, Simak Tips Membuat Mural Art di Dinding Rumah

MOMSMONEY.ID - Melukis mural art pada dinding rumah merupakan cara yang menyenangkan untuk memberi sentuhan personal pada rumah tanpa harus membeli dan memasang wallpaper.

Kegiatan melukis mural memang membutuhkan ketrampilan dan waktu yang tidak sedikit. Namun, bila dilakukan dengan benar, hasilnya akan sepadan dan membuat penampilan rumah Anda makin keren dan artistik.

Karena membutuhkan ketrampilan dan waktu untuk membuatnya, melukis mural pun tidak boleh sembarangan. Tidak hanya melakukan persiapan yang cukup, Anda perlu melakukan beberapa hal pada saat dan sesudah melukis mural supaya hasil akhir mural terlihat memuaskan dan terhindar dari hal-hal tidak diinginkan.

Dirangkum dari The Spruce, Ugly Duckling House, dan familyhandyman.com, berikut tips dan langkah-langkah untuk membuat mural art di dinding rumah.

Baca Juga: Mengenal Gaya Industrial yang Populer untuk Interior Rumah dan Kafe

Sebelum Membuat Mural

Siapkan dinding yang akan digambari

Sebelum membuat mural, tentu Anda harus menentukan dinding mana yang akan digambari mural. Lalu, Anda perlu memberi perlindungan pada area sekitar dinding supaya tidak terkena cat, misalnya lantai, langit-langit, atau saklar lampu. Tutupi area tersebut dengan kertas koran atau painter’s tape, yaitu selotip khusus untuk melindungi suatu permukaan dari cat.

Bersihkan permukaan dinding

Dinding yang kotor akan menghalangi cat menempel dengan baik, jadi Anda perlu membersihkan permukaan dinding dari kotoran dan debu yang menempel. Setelah itu, Anda bisa melapisi dinding dengan warna dasar atau primer sebelum memulai mendesain mural.

Tentukan cat dan kuas yang akan digunakan

Dalam melukis mural, jangan gunakan kuas yang terlalu kecil karena akan memakan waktu. Gunakan kuas dengan ukuran yang beragam, misalnya kuas besar untuk mengisi warna dan kuas kecil untuk mengisi detail-detail tertentu. Gunakan cat berjenis matte atau eggshell supaya mural tidak memantulkan cahaya.

Periksa sirkulasi udara dalam ruangan

Bau cat yang menyengat bisa membuat pusing, sehingga Anda perlu memastikan bahwa sirkulasi udara di dalam ruangan cukup optimal dengan cara membuka jendela dan pintu lebar-lebar. Anda juga bisa menggunakan masker untuk membantu mengurangi bau menyengat dari cat.

Baca Juga: Catat, Ini 7 Hal yang Wajib Ada di Kamar Minimalis ala Korea!

Saat Membuat Mural

Tentukan desainnya

Supaya hasilnya terlihat rapi, Anda bisa menggambar sketsa mural terlebih dahulu pada dinding. Anda bisa menggunakan metode kotak-kotak atau menggunakan proyektor pada dinding supaya mudah menjiplak desainnya.

Untuk menggunakan metode kotak-kotak, Anda perlu menggambar atau mencetak contoh desain mural pada sehelai kertas, lalu bagi gambar menjadi beberapa bagian dengan menggambar kotak-kotak di atasnya. Buatlah gambar kotak-kotak yang sama pada dinding dengan ukuran yang sesuai dengan luas dinding, lalu isi setiap kotak tersebut menurut contoh desain yang ada.

Lukis secara bertahap

Saat membuat mural, Anda perlu melukis secara bertahap. Mulailah dari warna-warna terang, kemudian lanjutkan pada warna gelap. Bila perlu, ulangi pengecatan sebanyak 2 atau 3 lapis sehingga warna cat merata.

Periksa gambar secara berkala

Sesekali, Anda perlu mundur dari dinding untuk mengamati penampilan mural dari jauh. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengoreksi mural dan memastikan mural Anda terlihat apik dari berbagai sisi. Jika ada yang perlu dikoreksi, cukup cat ulang bagian tersebut.

Setelah Membuat Mural

Rapikan area yang selesai dicat

Setelah mural selesai dibuat, jangan lupa untuk segera merapikan peralatan mengecat Anda. Pastikan area yang digambari mural terbebas dari kontak apapun hingga kering sempurna.

Itulah tips dan langkah-langkah untuk membuat mural. Bagaimana, siap memberi sentuhan personal yang apik di rumah Anda? Selamat berkreasi dengan mural, ya!

Selanjutnya: Tetap Cozy dan Fungsional, Berikut Ide Desain Dapur Kecil yang Bisa Ditiru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News