HOME, Keluarga

Mau Mendesain Kamar Mandi? Pahami Dulu Aturan Dasarnya

Mau Mendesain Kamar Mandi? Pahami Dulu Aturan Dasarnya

MOMSMONEY.ID - Desain kamar mandi yang fungsional hukumnya wajib untuk mengakomodasi kebutuhan dan kenyamanan penghuni rumah.

Namun, kenyataannya ada beberapa hal kecil namun penting yang terlewat atau tidak dipertimbangkan saat mendesain kamar mandi, sehingga kamar mandi tidak berfungsi seperti seharusnya.

Jadi, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa hal dasar sebelum mendesain kamar mandi. Dilansir dari The Spruce, berikut beberapa aturan dasar dalam mendesain kamar mandi yang fungsional.

Baca Juga: Ide Desain Rak Kamar Mandi Minimalis, Bikin Rapi dan Tertata Apik

Pertimbangkan kebutuhan pengguna

Sebagai ruangan yang selalu digunakan setiap saat, Anda perlu memikirkan kebutuhan dan kenyamanan Anda saat menggunakan kamar mandi sebelum mulai mendesain kamar mandi.

Misalnya, jika rumah dihuni beberapa orang, Anda bisa mempertimbangkan untuk memasang shower, bathtub, wastafel, cermin, atau hal-hal lain yang dapat mengakomodasi kebutuhan mandi setiap orang yang berbeda.

Pertimbangkan keperluan di masa depan

Jika Anda berencana untuk menempati rumah dalam waktu yang lama, cobalah untuk mempertimbangkan hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan. Misalnya, Anda atau anggota keluarga lainnya mengalami sesuatu yang membatasi pergerakan dan butuh akses kamar mandi yang mudah.

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda dapat mendesain kamar mandi yang ramah pengguna. Contohnya, Anda bisa menambahkan pegangan di sepanjang dinding kamar mandi, menggunakan undakan yang rendah, atau memasang saklar lampu dengan ketinggian yang rendah.

Baca Juga: Inspirasi Kamar Mandi Minimalis, Suasana Mandi Jadi Lebih Menyenangkan

Sediakan tempat penyimpanan yang cukup

Hal yang satu ini terkadang luput dari pikiran saat sedang mendesain kamar mandi. Padahal, ada banyak sekali barang-barang yang diletakkan di kamar mandi, seperti perlengkapan kebersihan diri masing-masing penghuni rumah.

Jika perlu, Anda bisa memasang rak atau kabinet untuk menyimpan barang-barang kecil di kamar mandi. Jadi, kamar mandi akan terlihat rapi dan bersih tanpa adanya barang-barang yang bertebaran di sana-sini.

Gunakan pencahayaan alami

Jika memungkinkan, pastikan kamar mandi Anda mendapatkan pencahayaan alami yang cukup. Pasang jendela di bagian atas dinding kamar mandi supaya cahaya matahari bisa masuk dengan bebas.

Selain memberi kesan kamar mandi yang cerah, pencahayaan alami dapat membantu mengurangi jamur dan lumut di kamar mandi dan membantu menghemat penggunaan lampu di siang hari.

Sirkulasi udara yang cukup

Selain pencahayaan yang cukup, sirkulasi udara yang baik di dalam kamar mandi juga dapat mencegah adanya jamur dan lumut di kamar mandi. Anda bisa menggunakan ventilasi, jendela, atau exhaust fan untuk membantu melancarkan sirkulasi udara di dalam kamar mandi.

Baca Juga: Inspirasi Desain Keramik Kamar Mandi Minimalis, Simpel dan Menawan

Dinding yang tahan air

Karena digunakan untuk mandi, sudah pasti permukaan kamar mandi akan rentan terkena air. Selain terkena cipratan air, permukaan-permukaan di kamar mandi juga sering terkena kelembapan tinggi.

Nah, untuk melindungi tembok atau dinding dari cipratan air, Anda dapat menggunakan cat tahan air atau memasang keramik di dinding kamar mandi. Tidak perlu menutupi seluruh dinding dengan keramik, Anda cukup memasang keramik pada setengah bagian bawah dinding kamar mandi.

Sediakan gantungan baju dan handuk yang cukup

Gantungan baju dan handuk kadang menjadi hal yang dilupakan saat mendesain kamar mandi. Padahal, benda yang satu ini penting untuk memastikan baju dan handuk Anda tergantung dengan aman saat Anda mandi.

Sebagai patokan awal, gunakan gantungan baju dengan jumlah sesuai banyaknya penghuni rumah Anda. Setelah itu, Anda bisa menambahkan gantungan lain sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa aturan dasar yang perlu Anda ketahui sebelum mendesain kamar mandi. Jika mempertimbangkan hal-hal di atas, kamar mandi Anda pun akan terasa fungsional dan nyaman digunakan.

Selanjutnya: Inspirasi Bathtub Minimalis, Mandi Makin Rileks!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News