HOME, Santai

Mengenal Rotten Tomatoes, Situs Web Penilaian Film Terpercaya

Mengenal Rotten Tomatoes, Situs Web Penilaian Film Terpercaya

MOMSMONEY.ID - Penggemar film pastinya sudah tidak asing lagi dengan website Rotten Tomatoes. Website yang satu ini bisa menjadi salah satu parameter peringkat sebuah film.

Menurut Wikipedia sendiri, Rotten Tomatoes merupakan sebuah situs web yang menyediakan informasi tentang dilm-film di seluruh dunia. Selain film, Rotten Tomatoes juga memberikan informasi mengenai siapa saja yang terlibat dalam pembuatan film tersebut.

Awalnya situs web ini diluncurkan oleh Senh Duong pada tanggal 12 Agustus 1998. Ia terinspirasi untuk membuat situs web ini karena berawal dari kegemarannya untuk mengumpulkan ulasan mengenai film idolanya yaitu Jackie Chan. 

Baca Juga: Penuh Misteri, Ini Sinopsis Drama Korea OCN Chimera

Website ini memiliki penilaian yang unik mengenai penilaian terhadap film-film yang tayang di seluruh dunia. Ulasan yang telah dikumpulkan oleh staf website ini akan dikumpulkan menjadi satu dan kemudian bisa ditampilkan di website mereka.

Pengulas yang turut serta dalam web Rotten Tomatoes juga bukan sembarangan. Orang-orang yang tergabung dalam asosiasi kritikus film dan penulis bersertifikat. Nantinya ulasan dari para ahli tersebut akan di unggah dalam website ini untuk mengumpulkan sejumlah suka dari pengguna.

Untuk peringkatnya sendiri, sebuah film akan mendapatkan rating berdasarkan jenis tomat yang mereka dapatkan. Ada tiga jenis penilaian tomat yaitu Certified Fresh, Fresh, dan Rotten.

Baca Juga: Ceritakan Konspirasi Dunia, Yuk Tonton Serial Animasi Netflix Inside Job

Certified Fresh adalah film film yang mendapatkan ulasan dan skor 70-100% dari para kritikus dan staf tim penilai ulasan dari Rotten Tomatoes. Film film yang ada pada peringkat ini merupakan film yang mendapatkan penilaian berkualitas dan telah ditinjau oleh setidaknya 80 kritik.

Film atau serialtv dengan skor 60-100% akan mendapatkan rating Fresh. Yang menandakan bahwa film atau serial TV ini memiliki kualitas rata-rata sedang. Sedangkan untuk peringkat 0-59% akan mendapatkan rating rotten atau busuk. Yang menandakan film atau serial tv tersebut tidak memiliki kualitas yang bagus.

Penilaian dari website ini juga mulai menjadi pertimbangan dan memiliki pengaruh bagi perkembangan film terutama film Hollywood. Seperti yang dilansir dari laman Wikipedia bahwa website Rotten Tomatoes memiliki pengaruh yang besar pada orang dengan usia 25 dan yang lebih muda untuk menyaksikan sebuah film.

Selanjutnya: Catat Tanggalnya, 3 Drama Korea Terbaru Yang Tayang Minggu Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News