HOME, Keluarga

Mengenal Money Parenting yang Penting Diterapkan kepada Anak

Mengenal Money Parenting yang Penting Diterapkan kepada Anak

MOMSMONEY.ID - Uang merupakan alat transaksi yang sangat penting untuk menujang kehidupan hari ini dan masa depan. Dengan perencanaan dan pengelolaan yang baik, maka kebutuhan kita tetap dapat terpenuhi meskipun pemasukan mulai menipis.

Tidak hanya penting diketahui oleh orang dewasa, hal-hal dasar tentang keuangan pun penting untuk diajarkan kepada anak-anak. Oleh sebab itu, menjadi sebuah keputusan yang baik jika orang tua menerapkan money parenting kepada anak-anak mereka.

Apa itu money parenting? Money parenting adalah proses mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab finansial dan sosial yang berkaitan dengan uang. Money parenting dilakukan untuk mewariskan tentang bagaimana para orang tua menyikapi keuangan kepada anak-anak mereka.

Baca Juga: Tips Mengenalkan Anak Seputar Pandemi Covid-19

Dengan mengajarkan cara pengelolaan uang kepada anak sedini mungkin maka diharapkan anak bisa merasakan manfaatnya ketika beranjak dewasa yang mana permasalahan keuangan di fase dewasa jauh lebih kompleks.

Lalu, langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menerapkan money parenting pada anak? Simak tipsnya sebagai berikut:

Mulailah Sesegera Mungkin

Untuk menerapkan money parenting, maka mulailah secepat mungkin. Berdasarkan sebuah penelitian, usia anak yang tepat untuk mulai dikenalkan money parenting adalah ketika anak menginjak 3 tahun. Kemudian, Moms dapat mengajarkan anak tentang pentingnya kebiasan belanja yang baik ketika anak memasuki usia 4 atau 5 tahun.

Nah, pada saat anak telah berusia 7 tahun, maka Moms dapat mengenalkan kepada anak tentang pentingnya menabung.

Bimbing dengan Menunjukkan Contoh

Perilaku orang tua di hadapan anak besar kemungkinan akan dijadikan sebagai contoh oleh mereka. Maka dari itu, ketika Moms memiliki penghasilan yang besar, Moms tidak boleh menikmatinya secara berlebih-lebihan. Karena hal tersebut dapat memicu anak untuk melakukan hal yang sama.

Berikanlah contoh yang baik dan benar dalam menggunakan uang kepada anak. Moms dapat mengajarkan kepada anak tentang bagaimana cara menjaga pengeluaran agar tetap terkendali. Tunjukkan juga cara memanfaatkan uang yang tepat misalnya menggunakan uang untuk membayar tagihan secara tepat waktu.

Baca Juga: Cara yang Bisa Dilakukan Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Mulai dari Hal-Hal Kecil

Tips ini dapat Moms terapkan dengan memberikan uang saku yang sedikit untuk anak.

Mungkin akan terkesan sebagai orang tua yang pelit, namun hal ini ternyata memiliki dampak positif. Dengan begitu, anak-anak akan mengerti caranya memahami batasan dan menghargai hal-hal yang mereka punya sekali pun itu kecil.

Ajarkan Anak tentang Pentingnya Bekerja untuk Menghasilkan Uang

Agar anak-anak tidak kaget ketika sudah memasuki dunia pekerjaan di masa depan, maka Moms perlu mengajarkan mereka tentang itu sedini mungkin.

Moms dapat meminta anak untuk melakukan pekerjaan kecil di rumah terlebih dahulu jika ingin mendapatkan uang. Moms bisa menyuruh mereka untuk membereskan mainan atau merapikan kamar dan memberikan mereka imbalan uang setelah anak-anak berhasil menyelesaikan pekerjaannya.

Selain akan membuat anak termotivasi, hal tersebut juga dapat menghilangkan fantasi polos anak-anak tentang uang yang bisa jatuh dari langit.

Bimbing Mereka untuk Menabung

Tips money parenting terakhir yang bisa Moms lakukan adalah dengan membantu mereka untuk mulai menabung.

Moms bisa membelikan celengan lucu dan mengajarkan kepada anak bagaimana cara mengumpulkan uang di dalam celengan. Ajak anak untuk menyetorkan uang ke celengan sesering mungkin.

Ketika memasuki sekolah dasar, Moms bisa membuatkan mereka rekening tabungan sekaligus menunjukkan seperti apa cara kerjanya.

Tak perlu ragu untuk menerapkan money parenting kepada anak-anak mulai dari sekarang ya Moms!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Buku Parenting yang Menarik untuk Dibaca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News