HOME, Keluarga

Tips Mengenalkan Anak Seputar Pandemi Covid-19

Tips Mengenalkan Anak Seputar Pandemi Covid-19

MOMSMONEY.ID - Pandemi Covid-19 telah melahirkan berbagai kebijakan yang mengarahkan kita untuk menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar. Dengan adanya perubahan ini, tentu kita harus beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Proses adaptasi ini pasti tidak mudah untuk kita jalani mengingat kondisinya yang amat kontras dengan kehidupan sebelum pandemi. Tak hanya sulit untuk orang dewasa, anak-anak pun tentu merasakan kesulitan.

Mengenalkan anak tentang Covid-19 khususnya kebijakan menjaga jarak di masa pandemi tentunya jauh lebih susah daripada mengenalkan ke orang dewasa. Pasalnya, apa yang dijelaskan belum tentu benar-benar dimengerti oleh anak.

Baca Juga: Cara yang Bisa Dilakukan Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Melansir dari raisingchildren.net.au, terdapat beberapa tips yang bisa para orang tua terapkan ketika hendak mengenalkan Covid-19 dengan segala kebijakannya kepada anak sebagai berikut:

Pilih Waktu yang Tepat

Untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan Covid-19 dan kebijakannya, pastikan Moms melakukannya di waktu yang tepat. Moms bisa meluangkan waktu sejenak dan membicarakannya dengan anak ketika anak sedang sama-sama santai.

Ketika anak ikut berbicara, jangan lupa untuk memerhatikannya secara penuh. Fokuskan pandangan Moms dan simak baik-baik setiap perkataan anak.

Jika suatu hari anak bertanya ketika Moms sedang WFH dan tidak bisa diganggu, maka Moms berhak untuk menolaknya. Dengan catatan, Moms menolaknya secara halus dan berjanji akan mengajak anak untuk mengobrolkan hal-hal tentang Covid-19 setelah pekerjaan selesai.

Gunakan Nada yang Tenang dan Meyakinkan

Berbicaralah dengan nada tenang dan meyakinkan kepada anak agar anak merasa aman dan terlindungi.

Walaupun situasi pandemi Covid-19 sangat membuat stres dan kesal, pastikan Moms menceritakannya dengan perlahan dan tidak menggebu-gebu. Hal tersebut dilakukan agar anak tidak takut dan bisa mencerna setiap perkataan Moms dengan baik.

Sebelum berbicara, Moms bisa menarik napas dalam-dalam terlebih dahulu agar menjadi lebih tenang.

Baca Juga: Cara Mengajari Anak Agar Mau Makan Sayur dan Buah

Tanyakan kepada Anak Apa Saja yang Mereka Ketahui

Moms bisa mencoba menanyakan kepada anak apa saja yang mereka tahu tentang Covid-19. Setelah itu, Moms dapat menanyakan kepada mereka apakah masih ada hal-hal yang membuat anak bingung berkaitan dengan Covid-19 dan kebijakan-kebijakan yang ada.

Pertanyaan seperti "Kenapa anak harus bersekolah di rumah dan bukan di sekolah? Kenapa Moms bekerja di rumah dan bukan di kantor? Dan kenapa tubuh kita tidak boleh terlalu dekat dengan orang-orang sekitar?" dapat Moms lontarkan kepada anak.

Dengan begitu, Moms bisa mengetahui apa saja yang masih menjadi kebingungan anak tentang Covid-19.

Jelaskan dengan Kata-Kata yang Mudah Dipahami

Karena pikiran anak belum sematang orang dewasa, maka Moms harus memberikan penjelasan tentang Covid-19 secara sederhana namun jelas.

Tidak lupa juga untuk menyertakan fakta dan selalu berfokus pada hal-hal yang positif. Bangun motivasi dan yakinkan anak bahwa situasi pandemi ini tidak berlangsung selamanya.

Tanamkan pada diri anak jika kita patuh pada kebijakan dan protokol kesehatan seperti berdiam di rumah, menjaga jarak, mencuci tangan secara rutin, dan menggunakan masker maka kita akan terlindungi dari bahaya Covid-19.

Perhatikan Perasaan Anak

Terakhir, selalu ingat untuk memerhatikan perasaan anak selama berada #DiRumahAja. Dengan berdiam diri di rumah sepanjang waktu, sebagian anak pasti rentan mengalami takut, khawatir, atau kesal.

Tanyakan tentang perasaan mereka dan dengarkan secara mendalam apa yang mereka rasakan. Selain itu, tanyakan juga apa yang mereka butuhkan untuk membuat perasaan mereka menjadi lebih baik.

Berikan solusi nyata untuk meningkatkan suasana hati anak atau mengatasi perasaan anak yang tidak terlalu baik. Moms bisa mengajak mereka untuk bermain bersama atau memberikan mereka pelukan hangat yang menenangkan.

Sekian tips yang bisa Moms terapkan ketika mengenalkan segala sesuatu tentang Covid-19 kepada anak. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Selanjutnya: Simak Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Tengah Masa Pandemi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News