HOME, Keluarga

Simak Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Tengah Masa Pandemi

Simak Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Tengah Masa Pandemi

MOMSMONEY.ID - Pandemi Covid-19 telah membuat mobilitas kehidupan menjadi begitu terbatas. Mulai dari aktivitas pekerjaan hingga pendidikan, kini dialihkan ke rumah.

Berbicara tentang pendidikan, banyak para siswa yang akhirnya harus bergantung pada gadget untuk menunjang kegiatan belajarnya. Dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, semuanya mengandalkan gadget.

Dari fenomena tersebut, maka frekuensi dan durasi penggunaan gadget pun menjadi bertambah. Dengan begitu, kemungkinan munculnya masalah kesehatan mata pun ikut meningkat.

Baca Juga: Cara Mengajari Anak Agar Mau Makan Sayur dan Buah

Bagi orang dewasa, menjaga kesehatan mata dari paparan gadget tentu bisa dilakukan secara mandiri. Namun, bagi anak-anak yang masih membutuhkan bimbingan orang tua pasti akan mengalami kesulitan.

Oleh sebab itu, Moms perlu nih menerapkan cara-cara di bawah ini untuk menjaga kesehatan mata anak di tengah kebiasaan daring pada saat pandemi Covid-19.

  • Awasi posisi duduk anak ketika sedang menatap layar gadget. Pastikan mereka duduk dengan posisi tegap dan tidak boleh membungkuk. Jangan biarkan anak menggunakan gadget sembari tiduran.
  • Ingatkan anak untuk tetap menggunakan kacamatanya jika anak memang sudah menggunakan kacamata minus. Hal ini dilakukan untuk menghindari anak untuk melihat lebih dekat ke layar gadget.
  • Pastikan jarak mata anak dengan layar gadget adalah 30-50cm.
  • Pastikan anak menggunakan gadget di ruangan yang memiliki cahaya cukup.
  • Jangan biarkan anak untuk terus-terusan berhadapan dengan gadget. Ingatkan anak untuk beristirahat dan ajak mereka untuk "Green Time". Green Time sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan di luar rumah untuk melihat pemandangan hijau sambil melakukan aktivitas fisik.

Adapun kegiatan istirahat dan Green Time bisa dilakukan setiap 20 menit sekali.

Agar kesehatan mata anak tetap terjaga, jangan lupa untuk diterapkan secara konsisten ya Moms! Jika  dilakukan secara konsisten, maka anak pun akan menjadikan hal-hal tersebut sebagai sebuah kebiasaan.

Selanjutnya: Memelihara Hewan di Rumah Dapat Membantu Self-Healing

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News