HOME, Keluarga

Cara yang Bisa Dilakukan Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Cara yang Bisa Dilakukan Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

MOMSMONEY.ID - Gadget berperan penting dalam pembelajaran anak di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut dikarenakan kegiatan belajar mengajar di sekolah dialihkan ke pembelajaran daring. Dengan begitu, frekuensi penggunaan gadget oleh anak pun meningkat dari biasanya.

Selain itu, akibat pandemi Covid-19, ruang gerak anak di luar rumah pun otomatis menjadi terbatas. Ketika anak jarang beraktivitas di luar, nmaka mau tidak mau mereka harus menghabiskan banyak waktunya di rumah.

Apabila kegiatan di rumah cenderung kurang menarik di mata mereka, maka anak-anak akan mudah bosan dan memilih untuk bermain gadget.

Tapi jika anak terus-menerus bermain gadget, maka bukan tidak mungkin anak akan kecanduan gadget dan malas melakukan kegiatan lain termasuk belajar.

Baca Juga: Berapa Lama Durasi Menggunakan Gawai Untuk Balita? Simak Rekomendasinya

Untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, ada lo Moms cara yang bisa dilakukan. Simak tipsnya berikut ini:

Membuat Aturan Tanpa Gadget

Cara pertama yang bisa Moms lakukan adalah dengan menetapkan jadwal penggunaan gadget pada anak. Moms bisa menentukan sendiri kapan boleh dan tidaknya anak untuk bermain gadget.

Sebagai contoh, Moms memperbolehkan anak bermain gadget hanya di jam-jam santai seperti sehabis belajar atau setelah melakukan kegiatan bersama keluarga. Sebaliknya, Moms tidak memperbolehkan anak untuk bermain gadget ketika makan atau pada jam-jam tidur anak.

Dengan adanya jadwal tersebut, anak akan bermain gadget secukupnya dalam setiap harinya. Tak hanya itu, risiko akibat penggunaan gadget terlalu lama pada anak pun bisa terkurangi.

Menggunakan Parental Control pada Gadget

Sesuai namanya, Parental Control adalah sebuah fitur pada gadget untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak. Fasilitas ini tentu bisa Moms gunakan untuk membantu mengawasi anak ketika sedang bermain gadget.

Parental Control dapat membatasi waktu penggunaan gadget sekaligus akses anak ke aplikasi dan situs tertentu.

Untuk menggunakannya, Moms bisa coba mengecek keberadaan fitur ini di ponsel. Jika tidak ada, Moms dapat mengunduh aplikasi khusus yang memiliki fungsi untuk mengontrol waktu penggunaan gadget.

Baca Juga: Cara Mengajari Anak Agar Mau Makan Sayur dan Buah

Arahkan Penggunaan Gadget untuk Mengasah Otak dan Kreativitas

Gadget memang biasa anak gunakan untuk bermain. Meskipun demikian, jangan biarkan anak untuk terus-terusan menggunakan gadget hanya untuk bermain.

Saat ini, banyak aplikasi pembelajaran unik dan kreatif yang bisa Moms pilih untuk anak mainkan. Istilahnya, bermain sambil belajar.

Moms bisa mengajak anak untuk mengasah daya ingat dengan bermain permainan tebak gambar. Selain itu, Moms juga bisa mengajak anak untuk mengasah kemampuan menghitung, menggambar, dan bermain musik mereka dengan berbagai aplikasi yang bisa Moms download.

Ciptakan Aktivitas Fisik yang Menarik di Rumah

Anak-anak tidak akan tergiur untuk terus menggunakan gadget jika di rumah ada berbagai macam kegiatan tanpa gadget yang mengasyikkan. Untuk itu, Moms perlu menyiapkan berbagai aktivitas seru dan mengajak anak untuk melakukannya bersama.

Tak perlu menggunakan banyak properti layaknya pentas, karena aktivitas sederhana pun tetap bisa terasa menyenangkan.

Moms bisa mengajak anak untuk bernyanyi sambil menari, olahraga bersama, dan bermain petak umpet. Selain itu, Moms bisa juga mengajak anak untuk memasak bersama dan mengadakan piknik kecil-kecilan di halaman rumah.

Jangan Terlalu Cepat Memutuskan untuk Membelikan Gadget

Tidak membelikan gadget sedini mungkin untuk anak menjadi keputusan yang baik guna mencegah kecanduan gadget. Moms bisa mempertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk membelikan anak gadget. Karena, jika anak mempunyai gadget sendiri padahal tidak begitu membutuhkan, maka anak hanya akan menggunakannya untuk bermain.

Jika kebutuhan utama anak terhadap gadget hanya untuk belajar online, maka Moms bisa mengatasinya dengan meminjamkan gadget milik Moms alih-alih membelikannya.

Apabila anak perlu gadget untuk berkomunikasi ketika jauh dari Moms, Moms bisa membelikan mereka smartwatch yang jauh lebih praktis dan minim risiko kesehatan dibandingkan smartphone.

Moms, itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah anak dari kecanduan gadget. Hal yang perlu Moms ingat dan terapkan guna mengurangi penggunaan gadget pada anak ialah dengan meluangkan banyak waktu untuk melakukan kegiatan bersama anak dan keluarga.

Selanjutnya: 5 Makanan Penetralisir Usai Makan Daging Kambing saat Idul Adha

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News