HOME, Keluarga

4 Rekomendasi Buku Parenting yang Menarik untuk Dibaca

4 Rekomendasi Buku Parenting yang Menarik untuk Dibaca

MOMSMONEY.ID - Parenting adalah upaya mempromosikan dan mendukung fisik, emosional, sosial, dan perkembangan kecerdasan anak dari bayi hingga dewasa. Tergolong penting, maka hal-hal dasar hingga khusus seputar parenting perlu dipelajari terutama oleh para orang tua.

Parenting dapat dipelajari dengan cara berkonsultasi kepada ahli. Meskipun demikian, orang tua juga dapat mempelajarinya sendiri melalui buku-buku parenting.

Berikut ini rekomendasi buku parenting yang memiliki pembahasan menarik untuk disimak dan dipelajari baik oleh orang tua maupun orang-orang yang sekadar ingin tahu mengenai dunia parenting.

Buku New Normal Parenting

1. New Normal Parenting

Sesuai judulnya, buku parenting ini berusaha menyampaikan sebuah pola baru dalam dunia parenting anak usia dini. Buku yang ditulis oleh Miftahul Achyar Kertamuda, M.Pd. ini berisi tentang pola asuh anak yang telah disesuaikan dengan standar terbaru. Selain itu, New Normal Parenting juga ditulis dengan nuansa yang Islami.

Poin-poin utama pada buku parenting setebal 152 halaman ini ialah mengenai pola asuh anak yang harus diterapkan dalam 5 fase penting yakni fase pra-nol tahun, fase anak usia 0-2 tahun, fase anak usia 2-4 tahun, fase anak usia 4-6 tahun, dan fase masa depan anak.

Sang penulis buku ini berusaha menyampaikan betapa pentingnya pola asuh pada fase-fase tersebut dalam proses pembentukan The Golden Character pada anak.

Buku Because This Is My First Parenting Life

2. Because This Is My First Parenting Life: Pengasuhan dan Permainan Anak

Ditulis oleh Tim Chai's Play yang terdiri dari para ahli PAUD berpengalaman, buku parenting ini berisi tentang hal-hal dasar yang harus orang tua ketahui dalam mengasuh anak.

Mungkin Anda akan rentan galau dan bingung ketika menghadapi anak yang rewel. Nah, buku ini memiliki jawabannya.

Terdiri dari 184 halaman, Because This Is My First Parenting Life: Pengasuhan dan Permainan Anak berisi panduan lengkap untuk merawat anak usia 0-24 bulan. Tak hanya itu, buku ini juga menampilkan tanya jawab seputar pengasuhan anak dari A-Z, tips praktis bermain bersama si kecil, peran keluarga dalam pengasuhan anak, hingga kesehatan mental pada ibu.

Buku Minimalist Parenting

Baca Juga: Moms, Simak Tips Mendekorasi Kamar Tidur Sempit Supaya Terasa Lapang

3. Minimalist Parenting

Rekomendasi buku parenting selanjutnya berjudul Minimalist Parenting. Memiliki tebal 376 halaman, buku ini ditulis oleh Christine Koh dan Asha Dornfest.

Mencerminkan judulnya, buku ini berisi tentang pola pengasuhan anak yang sederhana dan jauh dari kata berlebihan. Kedua penulis buku ini berusaha membagikan pengalaman mereka dalam mengasuh anak dengan menerapkan konsep minimalis.

Minimalist Parenting akan menjelaskan kepada para pembacanya tentang bagaimana mengajak anak bermain dengan senang tanpa mainan yang melimpah. Selain itu, tips menerapkan konsep minimalis dalam keluarga pun turut disampaikan dalam buku ini.

Intinya, Minimalist Parenting berusaha mengajak para pembacanya untuk menikmati indahnya dunia parenting secara lebih sederhana dan bahagia tanpa harus diposting di media sosial.

Buku Enjoy The Sandwich Parenting

4. Enjoy The Sandwich Parenting

Rekomendasi buku parenting terakhir berjudul Enjoy The Sandwich Parenting. Buku ini ditulis oleh Ninik Yulianti. Terbit pada tanggal 3 Februari 2021, buku ini berisi tentang bagaimana menyikapi kehidupan parenting dalam keluarga sandwich.

 Keluarga sandwich? Yup, keluarga sandwich, yakni sebuah keluarga dalam satu rumah yang di dalamnya terdapat tiga generasi meliputi ayah ibu (orang tua), anak, dan kakek nenek.

Banyak dijumpai di Indonesia, parenting dalam keluarga sandwich rentan memicu stres dan tekanan bagi orang tua akibat kakek nenek kerap turut campur. Oleh sebab itu, penulis berusaha membahas dan mengupasnya di dalam buku setebal 168 halaman ini.

Itulah sederet buku parenting yang menarik untuk dibaca khususnya oleh orang tua baru. Bagi yang belum menjadi orang tua, tidak ada salahnya lho untuk membacanya, hitung-hitung sebagai bekal masa depan.

Selanjutnya: Tips Makeup Natural yang Cocok untuk Sehari-Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News