ads

Mengenal Konsep Taman Kering, Cocok Untuk yang Tak Suka Kotor!

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 13 Januari 2022 | 18:18 WIB
Mengenal Konsep Taman Kering, Cocok Untuk yang Tak Suka Kotor!

ILUSTRASI. Konsep taman kering banyak ditemukan pada taman-taman khas Jepang yang minimalis dan simpel.


MOMSMONEY.ID - Bagi sebagian besar pemilik rumah, keberadaan taman di rumah merupakan sesuatu yang dapat memanjakan mata sekaligus mempercantik penampilan rumah.

Supaya terus terlihat cantik, taman tentu butuh perawatan secara rutin. Nah, hal inilah yang sebenarnya menjadi tantangan bagi pemilik rumah. Sebab, tidak semua pemilik rumah mau repot-repot mengurusi taman karena tidak ingin kotor dan basah.

Sebagai alternatif, Anda bisa memilih untuk menggunakan konsep taman kering di rumah. Seperti namanya, taman ini tidak membutuhkan banyak air, sehingga perawatannya pun minim.

Baca Juga: Inspirasi Desain Taman Mewah, Eksterior Rumah Makin Menawan!

Tertarik dengan konsep taman yang satu ini? Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini!

Pengertian Taman Kering

Melansir Rumah.com, taman kering adalah taman yang dirancang untuk menghadirkan suasana alam di rumah, baik di dalam maupun luarnya.

Konsep taman kering banyak ditemukan pada taman-taman khas Jepang yang minimalis dan simpel. Jadi, taman kering sangat cocok diaplikasikan pada lahan kecil sekalipun.

Sesuai dengan namanya, taman kering merupakan tipe taman yang mempertahankan kondisi kering, sehingga perawatannya tidak membutuhkan banyak air. Selain itu, permukaan taman biasanya ditutupi oleh batu untuk meminimalisir cipratan saat tanahnya disiram air.

Baca Juga: Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Rooftop Garden di Rumah, Penting!

Tanaman yang Cocok Untuk Taman Kering

Suatu taman rasanya kurang lengkap jika tidak diberi tanaman. Dikutip dari Ruparupa.com, Anda perlu memilih jenis tanaman yang sesuai untuk taman kering di rumah.

Umumnya, tanaman yang digunakan pada taman kering adalah jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Namun, Anda juga harus memperhatikan ketahanannya terhadap sinar matahari untuk menentukan apakah tanaman yang dipilih cocok untuk taman kering.

Untuk tamankering indoor, pilihlah jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak cahaya matahari langsung, misalnya spider plant, aglaonema, sri rejeki, hingga lidah mertua.

Sementara itu, pilihlah jenis tanaman yang kuat menerima sinar matahari langsung untuk taman kering outdoor, misalnya kaktus, philo, tanduk rusa, dan lain-lain.

Baca Juga: Yuk, Pahami Kelebihan dan Kekurangan dari Furnitur Logam

Elemen Lainnya yang Ada di Taman Kering

Selain tanaman, tentu ada elemen-elemen lainnya yang bisa ditambahkan di taman kering supaya taman terlihat cantik.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, permukaan taman kering biasanya ditutupi oleh batu untuk meminimalisir cipratan saat tanahnya disiram air.

Mengutip Dekoruma, jenis batu yang biasanya digunakan sebagai dekorasi taman kering adalah batu koral tabur dan batu koral sikat.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan elemen-elemen lain, seperti batu kerikil, pasir, beton, pot tanah liat, kolam, air mancur, bahkan lampu.

Batu-batu dan elemen lainnya ini bisa ditata menjadi beragam hal, mulai dari jalan setapak, lantai taman, hingga dikeruk sehingga membentuk garis-garis seperti taman khas Jepang.

Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui soal konsep taman kering. Tertarik membuat taman seperti ini di rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER