HOME, Keluarga

Yuk, Pahami Kelebihan dan Kekurangan dari Furnitur Logam

Yuk, Pahami Kelebihan dan Kekurangan dari Furnitur Logam

MOMSMONEY.ID - Selain kayu, metal atau logam juga merupakan salah satu material bahan bangunan dan furnitur rumah yang cukup populer.

Kepopuleran ini tentu bukan tanpa alasan. Sama dengan kayu, logam dapat diproduksi secara massal dan diolah menjadi furnitur apapun, baik furnitur indoor maupun outdoor.

Jika digunakan sebagai furnitur, logam dapat memberikan kesan modern dan elegan karena model dan warnanya yang menawan. Selain itu, logam juga bisa menjadi material kerangka furnitur, pagar, hingga susuran tangga.

Tak hanya itu, masih ada banyak lagi kelebihan yang dimiliki oleh logam sehingga banyak digunakan sebagai bahan furnitur rumah. Selain itu, ada juga kekurangan furnitur logam yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: 4 Tren Desain Dapur yang Diprediksi Akan Ditinggalkan di Tahun 2022

Apa sajakah kelebihan dan kekurangan yang dimaksud? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan Furnitur Logam

Kuat dan tahan lama

Dilansir dari Hipcouch, logam termasuk bahan yang kokoh dan kuat, sehingga cenderung awet dan tahan lama. Berbeda dengan kayu, furnitur logam memiliki risiko kerusakan yang cukup minim dan tidak perlu sering-sering diganti. Jadi, furnitur logam bisa menjadi investasi yang bagus untuk beberapa tahun ke depan.

Tahan terhadap perubahan cuaca

Salah satu alasan mengapa logam banyak digunakan sebagai bahan furnitur outdoor adalah ketahanannya yang tinggi terhadap perubahan cuaca, seperti terik matahari dan hujan. Jadi, furnitur berbahan logam merupakan pilihan yang masuk akal untuk furnitur di teras atau taman rumah.

Bebas dari rayap dan hama pengganggu lainnya

Berbeda dengan furnitur kayu yang rentan diganggu hama seperti rayap, Anda tidak akan menemukan masalah tersebut pada furnitur logam. Jadi, Anda pun bisa menggunakan furnitur logam dengan aman dan nyaman.

Penampilannya elegan.

Ketika mendengar istilah furnitur logam, mungkin Anda membayangkan furnitur yang terlihat besar dan berat. Walaupun pada umumnya penampilan furnitur logam memang seperti itu, saat ini sudah banyak furnitur logam yang terlihat cantik dan elegan, sehingga dapat melengkapi penampilan interior dan eksterior rumah Anda.

Memerlukan perawatan yang minim

Tak hanya kuat dan tahan lama, furnitur berbahan logam juga memerlukan perawatan yang minim. Dikutip dari Home Logic UK, Anda hanya perlu mengelap permukaannya secara rutin dengan air atau cairan pembersih biasa. Namun, hati-hati dengan kelembapan karena bisa membuat permukaannya berkarat.

Baca Juga: Ini Tren Interior Rumah yang Diprediksi Populer Pada Tahun 2022

Kekurangan Furnitur Logam

Bobotnya cukup berat

Salah satu kekurangan furnitur logam yang paling kentara adalah bobotnya yang cukup berat, terutama furnitur logam yang biasanya digunakan di luar ruangan. Tentu saja, bobotnya ini bisa merepotkan Anda jika sewaktu-waktu perlu memindahkan furnitur tersebut.

Cepat panas dan memuai

Selain bobotnya, furnitur logam juga terkenal cepat panas jika diletakkan di luar ruangan, apalagi jika matahari sedang terik-teriknya. Kadang-kadang, logam yang terlalu panas ini justru bisa membahayakan karena dapat menyebabkan luka bakar pada kulit.

Baca Juga: Hati-Hati, Kesalahan Dekorasi Ini Bikin Rumah Anda Terlihat Tidak Mewah

Rentan berkarat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, air dan kelembapan merupakan musuh utama furnitur logam karena rentan menyebabkan karat sehingga mengganggu tampilannya. Namun, hal ini bisa dihindari dengan mengeringkan furnitur logam dengan sempurna setiap kali dibersihkan atau terkena air.

Berisiko menggores lantai

Terkadang, furnitur logam memiliki tampilan yang kurang halus dan rapi, terutama di bagian dasarnya. Hal ini bisa merugikan Anda, karena bagian bawah furnitur logam yang kurang rapi bisa menggores lantai, terutama jika lantai Anda terbuat dari bahan yang mudah tergores seperti keramik atau kayu.

Itulah kelebihan dan kekurangan furnitur logam yang perlu Anda pahami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News