HOME, Keluarga

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Rooftop Garden di Rumah, Penting!

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Rooftop Garden di Rumah, Penting!

MOMSMONEY.ID - Jika Anda memiliki lahan yang terbatas untuk berkebun di rumah, membuat rooftop garden bisa menjadi solusi yang pas.

Jika didesain dan ditata dengan baik, rooftop garden bisa menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai dan berkebun di rumah. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan dan memperhatikan beberapa hal dengan baik supaya rooftop garden Anda bisa berfungsi dengan maksimal.

Dilansir dari The Spruce dan hgtv.com, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat rooftop garden di rumah.

Baca Juga: Tips Membuat Vertical Garden yang Cantik Sekaligus Fungsional di Rumah

Struktur bangunan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah struktur bangunan itu sendiri.

Pasalnya, atap rumah akan menampung beban yang cukup signifikan dari tanaman-tanaman yang ada di rooftop garden tersebut, apalagi jika tanaman yang Anda gunakan cukup besar dan berat.

Jadi, sebelum mulai membuat rooftop garden, pastikan struktur rumah Anda cukup kuat dan kokoh, terutama di bagian atap.

Media berkebun

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, media yang digunakan dalam berkebun juga menentukan beban yang akan ditampung oleh atap.

Sebaiknya, pilih media tanam yang bersifat ringan supaya tidak terlalu padat dan berat saat penuh dengan air.

Lalu, saat menanam tanaman, Anda bisa memilih untuk menggunakan pot tanaman yang kuat dan tidak berpori-pori sehingga kadar air pada tanaman tidak cepat menguap. Jika Anda ingin membuat raised beds atau bedeng, pastikan kedalamannya cukup untuk menampung pertumbuhan akar tanaman.

Akses keluar-masuk rooftop

Karena terletak di lokasi paling atas dari suatu rumah, kemudahan dalam mengakses rooftop garden juga perlu dipertimbangkan.

Selain itu, Anda juga perlu memikirkan faktor kemudahan dalam membawa-bawa tanaman dan perlengkapan berkebun ke atas rooftop.

Baca Juga: Perbandingan Rumah Tipe 36 dan Tipe 45, Mana yang Cocok untuk Anda?

Sumber air

Rooftop garden terletak di bagian atas rumah, sehingga akan langsung terkena sinar matahari. Hal ini tentu membuat air pada tanah dan tanaman cepat menguap setiap hari.

Jadi, Anda perlu memastikan ada sumber air yang mudah diakses pada rooftop.Jika memungkinkan, Anda dapat memasang tandon air pada rooftop untuk memudahkan suplai air untuk tanaman.

Baca Juga: Bingung Menentukan Tipe Rumah yang Cocok? Ini Panduan Singkatnya

Matahari dan angin

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, sinar matahari dapat menjadi problem utama bagi rooftop garden.

Tidak hanya membuat air cepat menguap, sinar matahari yang terik juga dapat menimbulkan hawa panas yang menyebabkan ketidaknyamanan. Anda dapat menambahkan kanopi untuk membantu berteduh jika diperlukan.

Selain itu, angin yang kencang juga dapat merubuhkan atau menjatuhkan pot tanaman yang ringkih. Solusinya, gunakan pot yang cukup kokoh.

Privasi

Privasi bisa menjadi masalah utama yang dihadapi pemilik rooftop garden. Sebab, area ini akan sangat terlihat dari rumah-rumah tetangga, terutama jika ketinggian rumahnya sama.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memasang sekat untuk membantu memberikan privasi. Misalnya, Anda dapat menanam tanaman semak-semak hingga memasang partisi di sekeliling rooftop.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat rooftop garden di rumah. Bagaimana, semakin mantap membuat taman seperti ini di rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News