HOME, Keluarga

Mengenal 5 Tipe Vacuum Cleaner yang Umum Digunakan, Apa Saja?

Mengenal 5 Tipe Vacuum Cleaner yang Umum Digunakan, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Dewasa ini, vacuum cleaner sudah menjadi salah satu alat kebersihan rumah tangga yang umum dijumpai di rumah Indonesia.

Vacuum cleaner memang menawarkan kenyamanan tersendiri karena dapat menyedot debu dan kotoran di rumah secara otomatis. Tak hanya itu, saat ini Anda juga dapat menemukan vacuum cleaner dengan harga yang lebih terjangkau sehingga alat ini makin mudah dimiliki.

Jika Anda baru akan memiliki vacuum cleaner untuk pertama kali, mungkin Anda pernah dipusingkan dengan tipe dan model vacuum cleaner yang beragam. Setiap tipe dan model vacuum cleaner memiliki karakteristik khusus untuk penggunaan-penggunaan tertentu.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Vacuum Cleaner Low Watt, Rumah Bersih Tanpa Repot

Nah, kira-kira apa saja tipe dan model vacuum cleaner yang umum digunakan dan biasa dijumpai di pasaran? Berikut penjelasannya.

Canister

Vacuum cleaner tipe canister terdiri dari bagian tangki debu yang dihubungkan dengan selang panjang. Dilansir dari Home Stratosphere, vacuum cleaner tipe ini cukup mudah digunakan dan bisa menjangkau banyak area di rumah, mulai dari lantai, karpet, dinding, tirai, bahkan sudut plafon dan tangga.

Kekurangannya, vacuum cleaner tipe canister umumnya memiliki tangki debu yang berat dan besar, sehingga akan sedikit menyulitkan Anda saat akan dipindah-pindahkan dan disimpan.

Upright

Vacuum cleaner tipe upright memiliki bodi yang tinggi dan bagian penyedot yang dapat dimiringkan, sehingga menawarkan kemudahan kontrol dan jangkauan alat saat digunakan.

Vacuum cleaner tipe ini biasanya memiliki kekuatan atau daya hisap yang cukup tinggi, sehingga ideal digunakan untuk permukaan rumah yang keras dan rata seperti lantai dan karpet. Kekurangannya, vacuum cleaner tipe upright kadang memiliki desain yang besar dan berat, sehingga kurang cocok untuk beberapa orang.

Baca Juga: Rekomendasi Vacuum Cleaner Sharp, Bisa Basmi Debu Hingga Tungau

Stick

Vacuum cleaner tipe stick memiliki desain yang mirip dengan tipe upright, hanya saja bentuknya lebih ramping.

Mengutip Kohls.com, vacuum cleaner tipe stick menawarkan kenyamanan dalam penggunaannya. Pasalnya, bentuknya yang lebih ramping dibandingkan tipe upright membuat bobot vacuum cleaner stick jauh lebih ringan dan praktis saat digunakan. Bahkan, ada beberapa jenis vacuum cleaner stick yang ditenagai baterai, sehingga Anda tidak perlu khawatir terhalang panjang kabel.

Baca Juga: Ini Bedanya Wet dan Dry Vacuum Cleaner

Handheld

Dibandingkan semua jenis vacuum cleaner yang ada di daftar ini, vacuum cleaner tipe handheld memiliki bobot yang paling ringan, sehingga makin mudah digunakan dan disimpan. Sama seperti tipe stick, vacuum cleaner ini hadir dalam pilihan berkabel maupun tanpa kabel.

Dikutip dari Redsea.com, biasanya vacuum cleaner tipe handheld digunakan untuk kegiatan bersih-bersih yang sifatnya ringan, misalnya untuk membersihkan remah-remah makanan, rambut, dan bulu. Selain itu, vacuum cleaner ini juga cocok untuk membersihkan permukaan  yang sulit dijangkau vacuum cleaner biasa, misalnya di sela-sela sofa dan kasur.

Robot

Terakhir, ada vacuum cleaner tipe robot yang tergolong paling canggih. Pasalnya, tak perlu dikendalikan secara manual, vacuum cleaner robot bisa beroperasi sendiri karena sudah diprogram secara khusus untuk menghapal denah rumah Anda. Bahkan, beberapa vacuum cleaner robot memiliki dukungan aplikasi pintar sehingga dapat dikendalikan dari jauh.

Kekurangannya, Anda perlu memastikan jalur yang akan dilewati vacuum cleaner robot bersih dari benda-benda kecil, misalnya koin dan jarum. Jika tidak sengaja tersedot, benda tersebut tentu bisa merusak mesin di dalam alatnya.

Itulah penjelasan mengenai tipe-tipe vacuum cleaner yang banyak dijumpai dan digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News