Keluarga

Mengenal 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Tak Ada di Negara Lain

Mengenal 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Tak Ada di Negara Lain

MOMSMONEY.ID - Teh adalah salah satu minuman tertua dan paling digemari di seluruh dunia. Teh biasanya diminum sebagai obat herbal maupun sebagai minuman dikonsumsi saat sedang bersantai.

Ada begitu banyak jenis teh di dunia ini, mulai dari Jepang, China, hingga Indonesia. Bagi Anda yang belum tahu, ternyata ada beberapa jenis teh asli asal Indonesia. Jenis teh ini hanya ada satu-satunya di Indonesia sehingga tak dimiliki negara lainnya.

Mau tahu apa saja jenis teh asli Indonesia? Melansir dari Teh Sariwangi, berikut artikel selengkapnya!

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 7 Jenis Minuman Kopi Paling Umum ala Kafe Agar Tak Salah Beli

Teh daun jati

Seperti namanya, teh daun jati merupakan teh yang berasal dari tanaman jati yang daunnya diolah dan direbus. Teh daun jati ini asli dari Indonesia dan tak ada di negara lainnya.

Teh daun jati jika diseduh akan memiliki warna yang kuning cerah sehingga warnanya sangat cantik jika dilihat. Teh ini juga memiliki manfaat sebagai pencahar perut, sehingga tak disarankan untuk mengonsumsinya dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: 4 Jenis Minyak Terbaik untuk Menggoreng, Punya Titik Asap Tinggi dan Rasa Netral

Teh bunga rosella

Teh bunga rosella merupakan salah satu jenis teh asli Indonesia yang warnanya sangat cantik, berwarna merah tua dan jernih.

Teh bunga rosella atau yang lebih dikenal dengan nama teh hibiscus ini bisa dibeli di swalayan dalam bentuk kemasan berisi bunga rosella yang sudah dikeringkan. Cara buatnya pun mudah, cukup tinggal menyeduhnya saja dengan air panas.

Jenis teh asli Indonesia yang satu ini memiliki manfaat redakan kecemasan dan melancarkan sembelit.

Baca Juga: 7 Aneka Wedang Nusantara yang Bikin Tubuh Jadi Hangat

Teh kayu aro

Teh kayu aro adalah jenis teh istimewa yang selalu diminum kalangan bangsawan. Teh ini juga merupakan minuman kualitas tertinggi dan telah diekspor ke berbagai negara.

Indonesia patut berbangga karena teh kayu aro ini terletak hanya satu, yakni berada pada kaki Gunung Kerinci di Jambi, tepatnya pada perkebunan kayu aro.

Teh kayu aro ini berbentuk bubuk. Namun tak perlu khawatir, teh jenis ini cukup diseduh dan tak perlu disaring lagi. Warnanya yang kemerahan dan aromanya sangat khas jadi daya jual yang memikat dari teh asli Indonesia yang satu ini.

Baca Juga: 8 Panduan Istilah Umum Makanan Korea yang Harus Anda Ketahui

Teh gurah

Gunung Kerinci tak hanya memproduksi teh kayu aro saja, tapi juga ada teh gurah.

Teh gurah yang merupakan teh asli Indonesia ini merupakan bentuk minuman perpaduan antara teh hitam dari Gunung Kerinci dengan daun srigugu yang berasal dari Giriloyo, Yogyakarta.

Teh asli Indonesia ini dianggal sebagai teh herbal karena khasiatnya yang dapat menyerap berbagai endapan lemak & mineral yang tak larut dalam tubuh.

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Sambal Asli Indonesia dari Berbagai Penjuru Nusantara

Teh merah

Jenis teh lainnya yang asli berasal dari Indonesia adalah teh merah. Teh merah berasal dari Gunung Halimun di Jawa Barat.

Seperti namanya, teh ini jika diseduh akan berwarna merah dengan harum yang khas yang akan bikin Anda merasa rileks saat sedang menyesapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News