Keluarga

4 Jenis Minyak Terbaik untuk Menggoreng, Punya Titik Asap Tinggi dan Rasa Netral

4 Jenis Minyak Terbaik untuk Menggoreng, Punya Titik Asap Tinggi dan Rasa Netral

MOMSMONEY.ID - Ada begitu banyak jenis minyak yang bisa digunakan untuk menggoreng, mulai dari yang murah-mahal, yang menyehatkan, hingga yang terbaik dalam hal menggoreng.

Melansir dari Bonappetit, minyak yang diklasifikasikan sebagai kategori terbaik dalam hal menggoreng adalah minyak yang memiliki titik asap tinggi, harga rendah, mudah didapat, dan punya rasa netral.

Sementara itu minyak yang dikategorikan sebagai minyak terburuk untuk menggoreng adalah minyak yang mahal, aromatik, dan punya titik asap rendah.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Kulit Ikan Jadi Lebih Renyah saat Digoreng Tanpa Bikin Gosong

“Titik asap itu sendiri merupakan suhu dimana minyak pada dasarnya mulai terbakar,” ucap June Xie, produser makanan senior dari Delish.

Jika minyak yang digunakan melewati batas titik asap, maka minyak akan meninggalkan rasa gosong pada makanan dan ini tak akan enak untuk disantap.

Lantas apa saja minyak terbaik untuk menggoreng? Melansir dari Delish dan Bonappetit, berikut rangkumannya!

Baca Juga: Coba 7 Cara Efektif Ini Untuk Memperbaiki Rasa Masakan yang Terlalu Asin

Minyak kanola

Minyak kanola adalah salah satu minyak terbaik untuk menggoreng. Minyak jenis ini memiliki titik asap 400 derajat Celcius sehingga cocok untuk menggoreng biasa ataupun menggunakan teknik deep frying.

Minyak kanola ini serbaguna, murah, mudah didapat, serta rasanya netral sehingga tak menimbulkan rasa tambahan pada masakan apapun.

Baca Juga: 7 Jenis Mie yang Paling Popular dan Digemari di Seluruh Dunia

Minyak nabati

Minyak nabati (vegetable oil) yang memiliki rasa netral juga merupakan minyak terbaik untuk menggoreng. Minyak jenis ini memiliki titik asap 400-450 derajat Celcius.

Karena titik asapnya yang tinggi inilah, minyak ini jadi dapat digunakan kembali. Setelah Anda menggoreng, biarkan minyak jadi dingin sepenuhnya lalu saring minyak agar sisa makanan tak mengendap. Sisa makanan yang dibiarkan mengendap akan menurunkan titik asap minyak nabati sehingga kualitasnya menurun.

Perlu diketahui, minyak nabati adalah jenis minyak campuran dari minyak jagung, kanola, kedelai, dan minyak bunga matahari.

Baca Juga: 5 Teknik Dasar Memasak ala Prancis yang Bisa Moms Tiru di Rumah

Minyak zaitun virgin

Minyak zaitun virgin atau yang lebih dikenal sebagai virgin olive oil juga merupakan salah satu minyak terbaik untuk menggoreng. Minyak ini memiliki titip asap hingga 375 Celcius namun harganya sedikit lebih mahal daripada minyak lainnya.

Menggoreng Ikan

Baca Juga: 6 Tips Tetap Sehat Setelah Mengonsumsi Gorengan, Tetap Bisa Makan Sepuasnya!

Virgin olive oil cocok untuk menggoreng irisan daging, namun tak cocok untuk menggoreng potongan ayam dengan teknik deef frying.

Minyak zaitun virgin punya kualitas yang sangat tinggi sehingga menghasilkan rasa yang lezat pada makanan. Namun jangan menggunakan minyak ini untuk deep frying karena akan meninggalkan rasa gosong pada makanan.

Baca Juga: 8 Panduan Istilah Umum Makanan Korea yang Harus Anda Ketahui

Minyak alpukat murni

Minyak alpukat yang telah melalui proses penyulingan (refined avocado oil) adalah minyak terbaik yang cocok digunakan untuk menggoreng biasa serta untuk deep frying.

Definisi “refined” itu sendiri artinya minyak alpukat telah melalui proses penyulingan sehingga tak punya rasa & bau apapun.

Titik asapnya cukup tinggi, yakni 520 Celcius, namun harganya sedikit lebih mahal daripada minyak kanola dan minyak nabati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News