Keluarga

Wajib Tahu, Ini 7 Jenis Minuman Kopi Paling Umum ala Kafe Agar Tak Salah Beli

Wajib Tahu, Ini 7 Jenis Minuman Kopi Paling Umum ala Kafe Agar Tak Salah Beli

MOMSMONEY.ID - Sebelum memesan kopi di kafe bareng teman, Anda wajib mengetahui beberapa jenis minuman kopi paling umum agar tak salah memesannya.

Sebenarnya, minuman kopi ada sangat banyak jenisnya. Namun kali ini MomsMoney rangkum menjadi 7 minuman kopi yang paling sering dibeli.

Apa sajakah itu? Intip artikel yang satu ini, yuk! Melansir dari Merlo, Coffee Affection, dan Taste of Home, ini dia selengkapnya!

Baca Juga: Anda Penggemar Kopi? Simak 4 Cara Bikin Kopi Seenak Buatan Kafe

Americano

Iced Americano

Americano atau yang dikenal dengan nama Long Black adalah minuman kopi yang terdiri atas 1 shot espresso ditambah dengan air panas sampai gelas penuh. Americano bisa dihidangkan panas ataupun dingin.

Baca Juga: 3 Kumpulan Resep Masakan Ayam Bakar Aneka Bumbu yang Bikin Ngiler

Espresso

Jika Americano adalah Long Black, maka Espresso adalah Short Black. Espresso adalah jenis minuman kopi yang berisi 1 shot espresso (ukuran 178 mm) tanpa tambahan air sehingga rasanya lebih intens.

Cappuccino

Cappuccino adalah jenis minuman kopi yang terkenal akan buih putih halus dengan sedikit taburan cokelat pada bagian atas gelas.

Cappuccino terdiri atas espresso, susu, dan buih putih dengan perbandingan 1:1:1.

Baca Juga: Lebih Hemat Pengeluaran, 4 Tips Ini Efektif Cegah Makanan Terbuang Sia-sia

Latte

Latte art

Latte adalah minuman kopi yang paling popular. Latte terdiri atas 1 shot espresso yang ditambah dengan steamed milk. Latte bisa disajikan dengan rasa polos ataupun dengan suntikan rasa vanilla agar lebih enak.

Baca Juga: 4 Minuman Popular Khas Thailand yang Wajib Dicoba

Mocca

Mocca adalah jenis minuman kopi latte dengan tambahan rasa manis dengan sirup cokelat atau bubuk kakao. Mocca juga memiliki buih putih seperti cappuccino.

Mocca terdiri atas espresso, cokelat dan susu dingin. Cokelat ditambahkan ke dalam susu dingin sebelum susu menjadi berbuih.

Baca Juga: 4 Jenis Roasting Kopi yang Bikin Rasa Pada Kopimu Berbeda-beda

Macchiato

Minuman kopi Macchiato berbasis espresso dengan buih putih. Buih putih ini berasal dari susu yang dikukus sehingga rasanya jadi creamy dan menghasilkan buih yang banyak. Perbandingan antara espresso dengan buih putih adalah 1:1.

Affogato

Affogato mungkin minuman kopi jadi favorit bagi banyak orang. Pasalnya, affogato adalah gabungan 1 scoop es krim vanilla dengan 1 shot espresso panas. Affogato biasa dijadikan sebagai dessert dan sangat cocok disajikan bersama brownies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News