HOME, Keluarga

Mau Renovasi Rumah? Ini Hal-Hal yang Harus Anda Siapkan

Mau Renovasi Rumah? Ini Hal-Hal yang Harus Anda Siapkan

MOMSMONEY.ID - Saat menempati rumah yang Anda tinggali sekarang, mungkin Anda membutuhkan tambahan ruangan atau area tertentu. Nah, cara yang bisa Anda tempuh adalah dengan melakukan renovasi rumah.

Namun, renovasi rumah tidak semudah kedengarannya. Renovasi merupakan proses yang tidak mudah dan memerlukan waktu yang tidak sedikit, sehingga membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. Dengan persiapan dan perencanaan yang baik, proses dan hasil akhir renovasi pun akan memuaskan Anda.

Nah, bila Anda sedang berencana untuk merenovasi rumah dalam waktu dekat, berikut ada beberapa tips yang bisa membantu Anda. Dilansir dari Garda Oto, Gia Renovations, dan remodelmm.com, berikut hal-hal yang perlu Anda siapkan sebelum merenovasi rumah.

Baca Juga: 4 Ide Tatanan Rak Buku Minimalis yang Instagrammable dan Estetik

Hitung budget atau anggaran

Sebelum mulai merenovasi rumah, hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu menghitung budget atau anggaran yang diperlukan untuk merenovasi rumah. Penghitungan budget ini dapat membantu Anda memperkirakan apa saja yang diperlukan dan sebesar apa renovasi yang akan dilakukan.

Jika budget dirasa kurang, Anda dapat melakukan penyesuaian dengan mengurangi area yang akan direnovasi atau menunggu hingga anggaran tercukupi. Jangan paksakan merenovasi dengan budget pas-pasan untuk menghindari tambahan biaya tak terduga yang bisa menghambat proses renovasi.

Pikirkan penggunaan jasa kontraktor atau desainer interior

Renovasi rumah bukanlah suatu hal yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Anda tetap memerlukan bantuan profesional dan ahli seperti kontraktor atau desainer interior yang dapat memastikan proses pengerjaan renovasi dan hasil akhirnya sesuai dengan ekspektasi Anda.

Setelah menemukan jasa profesional yang sesuai, jangan lupa untuk menjaga komunikasi dengan mereka supaya Anda dapat menyampaikan rencana renovasi dengan jelas.

Lakukan riset dan pelajari struktur rumah

Selanjutnya, Anda dapat melakukan riset dan mempelajari struktur rumah. Misalnya, Anda bisa melakukan riset mengenai gaya interior apa yang ingin Anda gunakan dan material apa saja yang dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga perlu mempelajari struktur rumah untuk melihat apakah rencana renovasi Anda dapat diaplikasikan dengan baik dan menentukan bagian-bagian rumah mana saja yang bisa disingkirkan atau dipertahankan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan jasa profesional bila perlu.

Baca Juga: Ini 4 Masalah Umum Pada Keramik Dinding dan Lantai, Pernah Mengalaminya?

Pelajari lingkungan sekitar rumah

Tak hanya mempelajari struktur rumah, tapi Anda juga harus memperhatikan lingkungan sekitar rumah. Misalnya, bila Anda tinggal di lingkungan yang memiliki desain rumah minimalis dan sederhana, jangan merenovasi rumah dengan tampilan yang mencolok untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, Anda juga perlu meminta izin pada tetangga sekitar dan mengabarkan bahwa Anda akan melakukan renovasi di rumah. Hal ini penting supaya para tetangga Anda dapat mengantisipasi suara berisik yang akan ditimbulkan dari proses renovasi rumah.

Bereskan bagian rumah yang akan direnovasi

Terakhir, Anda perlu membereskan bagian rumah yang akan direnovasi. Misalnya, jika Anda berencana merenovasi dapur, kosongkan isi lemari dapur dan pindahkan furnitur ke tempat lain supaya proses renovasi bisa berjalan dengan lancar.

Anda juga perlu mengamankan beberapa barang kecil dan berharga ke dalam tempat atau area khusus untuk menghindari kejadian barang hilang atau terselip. Proses renovasi sering-kali melibatkan orang asing yang dapat mengakses rumah Anda, jadi Anda perlu memastikan barang-barang di rumah Anda aman.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda siapkan sebelum merenovasi rumah. Ingat, lakukan persiapan yang matang sebelum merenovasi rumah agar proses dan hasil renovasi jadi memuaskan!

Selanjutnya: Simak, Ini Tips Memilih Sofa yang Nyaman Untuk Rumah Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News