HOME, Keluarga

Simak, Ini Tips Memilih Sofa yang Nyaman Untuk Rumah Anda

Simak, Ini Tips Memilih Sofa yang Nyaman Untuk Rumah Anda

MOMSMONEY.ID - Sofa merupakan salah satu furnitur yang wajib ada di rumah, terutama untuk ruang tamu dan ruang keluarga. Tak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, sofa juga bisa memberi kesan nyaman dan santai pada suatu ruangan.

Karena itu, memilih sofa yang tepat merupakan hal penting bagi pemilik rumah. Sofa yang dipilih dengan baik akan memberikan kenyamanan yang bertahan lama, sedangkan sofa yang dipilih secara sembarangan dapat mengakibatkan beberapa hal, mulai dari interior rumah yang tidak serasi hingga rasa tidak nyaman pada penghuni rumah.

Nah, untuk memilih sofa yang tepat, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan? Dilansir dari The Spruce dan Houzz, berikut tips memilih sofa yang tepat dan nyaman untuk rumah Anda. Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Ranjang Tidur Besi yang Perlu Anda Ketahui

Pilih ukuran yang pas

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan tentu ukuran sofa yang akan digunakan. Ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan, misalnya luas ruangan yang akan ditempati sofa hingga lebar pintu supaya sofa bisa masuk ke rumah dengan mudah.

Jika Anda memiliki luas ruangan yang cukup besar, Anda dapat menambah furnitur lain untuk melengkapi sofa, misalnya meja atau kursi tambahan.

Jika ruangannya kecil, Anda dapat memilih sofa yang kecil, namun tetap fungsional dan dapat membaur dengan interior rumah secara mudah.

Pertimbangkan bentuk sofa

Setelah menentukan ukuran, hal berikutnya adalah mempertimbangkan bentuk sofa yang akan digunakan. Bentuk sofa ini juga dapat dipengaruhi oleh luas ruangan hingga rencana penggunaan sofa Anda.

Contohnya, jika Anda berencana meletakkan sofa di ruangan terbuka dan luas, coba gunakan sofa berbentuk L-shape yang dapat berfungsi sebagai pemisah atau partisi area pada ruangan. Jika Anda akan meletakkan sofa di ruangan kecil, pilih bentuk sofa yang simpel sehingga tidak terlalu memakan banyak tempat di ruangan.

Sesuaikan gaya sofa dengan ruangan

Sebagai bagian dari interior rumah, sofa yang dipilih tentu harus memiliki gaya yang dapat melengkapi penampilan rumah. Jadi, pilihlah sofa yang sesuai dengan gaya interior rumah atau ruangan yang akan ditempati sofa.

Misalnya, jika interior rumah Anda bergaya minimalis dan modern, pilih sofa dengan desain simpel dan tegas. Jika Anda menyukai gaya vintage dan klasik, pilihlah sofa dengan desain yang terlihat antik dan old-school, namun tetap nyaman.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tanaman Hias Daun untuk Dekorasi Rumah Minimalis, Simpel dan Segar!

Perhatikan bahan sofa

Saat ini, ada beragam bahan sofa yang bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan, mulai dari bahan kain, suede, hingga kulit. Pilihlah bahan sofa yang sesuai dengan gaya hidup dan kebiasaan Anda di rumah.

Contohnya, sofa berbahan kulit mudah dibersihkan sehingga cocok untuk Anda yang malas membersihkan furnitur secara menyeluruh, namun bahan ini tidak cocok untuk Anda yang memiliki anak kecil atau hewan peliharaan karena rentan rusak.

Periksa kualitas sofa

Terakhir, Anda perlu memerika kualitas sofa yang ditaksir untuk memastikan sofa terhindar dari masalah-masalah tertentu yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan saat digunakan.

Anda dapat memeriksa rangka sofa dan sambungannya untuk memastikan sofa dipasang dengan kokoh. Lalu, jika membeli sofa lipat seperti sofa bed, pastikan mekanisme lipatannya dapat digunakan dengan mudah dan lancar. Jangan lupa memastikan bantalan sofa tidak mudah kempes dan dijahit dengan rapi.

Nah, itulah beberapa tips memilih sofa yang bisa Anda coba saat berburu sofa untuk rumah Anda. Selamat mempraktikkan, dan selamat memilih sofa impian!

Selanjutnya: 4 Ide Tatanan Rak Buku Minimalis yang Instagrammable dan Estetik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News