HOME, Keluarga

4 Ide Tatanan Rak Buku Minimalis yang Instagrammable dan Estetik

4 Ide Tatanan Rak Buku Minimalis yang Instagrammable dan Estetik

MOMSMONEY.ID - Penampilan rak buku yang minimalis dan estetik pasti sudah menjadi dambaan setiap pecinta buku. Apalagi, dengan tren bookshelfie alias foto tatanan rak buku yang banyak bertebaran di media sosial seperti Instagram, tatanan rak buku estetik makin diminati.

Sebenarnya, menata rak buku sehingga terlihat minimalis dan estetik tidak sulit, kok. Tidak ada aturan khusus soal cara menata rak buku, sehingga Anda bebas berkreasi menentukan gaya tatanan rak buku seperti apa yang cocok dengan kepribadian Anda.

Nah, jika Anda ingin menata ulang rak buku di rumah sehingga terlihat minimalis dan estetik, berikut ini ada beberapa contoh rak buku yang bisa Anda tiru tatanannya. Yuk, lihat di bawah ini!

Baca Juga: Tips Memilih Rak Buku yang Tepat, Jangan Sampai Salah!

Menyatu dengan dinding

Jika Anda memiliki area dinding yang kosong di rumah, manfaatkan saja dengan membuat rak buku tanam yang menyatu dengan dinding. Selain terlihat minimalis, Anda pun dapat menyesuaikan besaran rak buku sesuai kebutuhan.

Contohnya seperti rak buku di atas yang dibuat sepanjang dinding di lorong ruangan. Bagian bawah rak buku sedikit dipanjangkan supaya menjadi semacam meja atau tempat duduk panjang yang nyaman, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai area baca. Warna rak buku pun dibuat mengikuti dinding rumah sehingga terlihat serasi.

Sudut ruangan yang hangat

Rak buku berwarna coklat tua memang dapat memberi kesan klasik dan vintage yang cantik. Anda dapat menggunakan rak buku dengan desain sederhana supaya terlihat minimalis dan hangat tanpa terasa berlebihan.

Rak buku di atas terbuat dari kayu dengan warna coklat tua yang hangat, yang melengkapi keberadaan elemen kayu pada lantai dan furnitur lainnya. Untuk menonjolkan kesan natural pada ruangan, rak buku tersebut pun didekorasi dengan tanaman hias di bagian atasnya. Buku-bukunya pun ditata seadanya untuk kesan natural yang cantik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tanaman Hias Daun untuk Dekorasi Rumah Minimalis, Simpel dan Segar!

Pengaturan warna yang estetik

Salah satu tatanan rak buku yang sangat populer di Instagram adalah menyusun buku-buku sesuai warna. Harus diakui, tatanan rak buku yang satu ini memang ampuh membuat rak buku terlihat estetik dan instagrammable.

Anda dapat menggunakan susunan warna sesuai selera. Misalnya, Anda dapat menyusun buku menurut warna pelangi, warna primer, dan lain-lain. Pastikan Anda menggunakan rak buku dengan warna netral seperti putih, coklat, abu-abu, atau hitam supaya warna-warnanya terlihat menonjol.

Kombinasi buku dan dekorasi

Selain untuk menyimpan buku, rak buku juga dapat digunakan untuk memajang dekorasi rumah. Pastikan ada cukup ruang di rak buku supaya dekorasi yang dipajang tidak terlihat seakan-akan memenuhi rak buku.

Contohnya seperti rak buku di atas, yang memanfaatkan rak buku untuk memajang berbagai dekorasi berupa kerajinan keramik yang cantik dan estetik. Warna dekorasi pun disesuaikan dengan warna ruangan supaya terlihat cantik dan serasi.

Selanjutnya: Rekomendasi Rak Buku Informa, Menata Buku Jadi Mudah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News