HOME, Keluarga

Tips Memilih Rak Buku yang Tepat, Jangan Sampai Salah!

Tips Memilih Rak Buku yang Tepat, Jangan Sampai Salah!

MOMSMONEY.ID - Bagi pecinta buku, rak buku merupakan salah satu furnitur penting di rumah. Pasalnya, keberadaan rak buku dapat membantu mereka dalam menyimpan dan mengatur koleksi buku-buku di rumah. Tak hanya itu, rak buku pun dapat digunakan sebagai tempat memajang dekorasi dan melengkapi interior rumah.

Namun, memilih rak buku yang tepat dapat menjadi kegiatan yang cukup memusingkan karena ada banyak sekali model rak buku yang tersedia di pasaran. Jika salah memilih, fungsi rak buku sebagai tempat penyimpanan buku tidak akan maksimal.

Supaya Anda tidak salah memilih, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan. Dilansir dari livingspaces.com, zinhome.com, dan futuristarchitecture.com, berikut tips memilih rak buku yang tepat.

Baca Juga: Tips dan Trik Mendekorasi Rak Buku yang Keren dan Instagrammable, Yuk Simak!

Sesuaikan ukuran rak buku dengan kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih rak buku adalah memperhatikan ukuran rak buku.

Ukuran rak buku ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Contohnya, jika ruangan yang akan ditempati rak buku cukup luas, Anda dapat memilih rak buku dengan model memanjang. Jika ruangannya cukup sempit, pilih rak buku yang tinggi supaya tidak memakan banyak area di lantai.

Selain itu, Anda dapat memperhatikan penggunaan rak buku untuk menentukan ukurannya. Misalnya, jika rak buku akan digunakan oleh anak, pilihlah rak buku yang tidak terlalu besar dan mudah dijangkau anak-anak.

Pilih tipe rak buku yang tepat

Selain ukuran, Anda juga perlu memikirkan tipe rak buku seperti apa yang Anda inginkan.

Ada beberapa tipe rak buku yang tersedia di pasaran, mulai dari rak buku standar yang fungsi utamanya untuk menyimpan buku. Selain itu, ada juga rak buku dekoratif yang dapat berfungsi sebagai pelengkap interior rumah dan memajang dekorasi kecil.

Tak hanya itu, Anda juga dapat memilih tipe rak buku dengan bagian belakang terbuka atau tertutup, rak buku dengan tambahan tempat penyimpanan, dan rak buku tipe satuan atau built-in. Semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Baca Juga: Inspirasi Desain Tangga Melayang atau Floating Stairs yang Minimalis

Perhatikan material rak buku

Material atau bahan penyusun rak buku juga merupakan salah satu faktor penting dalam memilih rak buku yang sesuai untuk Anda.

Setiap material memiliki kesan yang berbeda, jadi Anda perlu memilih material yang tepat untuk melengkapi tema interior rumah Anda. Misalnya, jika rumah Anda mengusung gaya klasik, vintage, atau minimalis, rak buku berbahan kayu bisa menjadi pilihan yang tepat. Pilihan model rak buku kayu pun cukup beragam, mulai dari yang rumit hingga minimalis dan simpel.

Sementara itu, ada beberapa material lain yang terkesan modern, seperti rak buku besi. Ada juga rak buku yang menggabungkan beberapa material seperti rak buku dengan rangka besi dan alas kayu atau kaca sehingga terlihat unik dan kontemporer. Jangan lupa untuk memilih rak buku dengan warna yang sesuai sehingga terlihat serasi dengan rumah Anda.

Nah, itulah 3 tips yang dapat Anda terapkan saat memilih rak buku. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!

Selanjutnya: Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Tempat Tidur Kayu, Pertimbangkan Sebelum Membelinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News