HOME, Bugar

Manfaat Buah Aprikot, Bisa Menjaga Kadar Gula dan Kolesterol Tubuh

Manfaat Buah Aprikot, Bisa Menjaga Kadar Gula dan Kolesterol Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah aprikot merupakan salah satu buah yang banyak digemari orang-orang di negara lain, terutama Turki dan Iran, karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. 

Tak kalah dengan buah lainnya, aprikot juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh sehingga manfaat buah aprikot bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. 

Buah aprikot juga baik untuk ibu hamil, karena kandungan mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Buah aprikot memiliki cita rasa manis dan menyegarkan, sehingga sebagian orang lebih gemar mengonsumsinya secara langsung agar cita rasa tersebut terjaga.

Namun untuk membuatnya lebih variatif, tidak sedikit juga orang mengolah buah aprikot menjadi jus, salad buah, atau sebagai campuran sereal, dilansir dari Healthline.

Karena kandungan nutrisinya yang cukup beragam, terdapat sejumlah manfaat yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi buah aprikot. Beberapa manfaat buah aprikot untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Muntaber

1. Menjaga kadar gula dan kolesterol tubuh

Manfaat serat yang terkandung dalam buah aprikot ternyata bukan hanya untuk kesehatan usus. Serat buah ini juga berfungsi menjaga kadar gula dan kolesterol dalam tubuh tetap normal, sehingga risiko terkena diabetes dan kolesterol tinggi pun berkurang. Selain itu, buah aprikot ternyata juga termasuk buah yang memiliki indeks glikemik rendah.

2. Mencegah penyakit kronis

Aprikot mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Kandungan tersebut telah terbukti melindungi tubuh dari penyakit kronis, termasuk diabetes dan penyakit jantung. Flavonoid utama dalam aprikot, yaitu klorogenat, katekin, dan kuersetin. Senyawa ini dapat menetralisir radikal bebas yang merupakan molekul berbahaya bagi tubuh. 

3. Melawan radikal bebas

Manfaat buah aprikot yang pertama yakni bantu melawan radikal bebas. Paparan radikal bebas dari asap kendaraan bermotor dan sinar UV membuat tubuh dan kulit sebagai lapisan pelindung tubuh terluar menjadi terancam kesehatannya. 

Aprikot mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Sumber antioksidan di dalamnya berasal dari vitamin A (beta karoten) dan vitamin C. Selain itu, aprikot kaya antioksidan lainnya seperti antioksidan polifenol dan flavonoid. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buah untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Lebih Glowing

4. Menjaga kesehatan usus

Serat yang terkandung dalam buah aprikot merupakan salah satu nutrisi yang berperan besar dalam kesehatan usus. Serat membuat kerja usus menjadi lebih baik dalam menyerap nutrisi dan membantu bakteri baik di dalam usus berkembang biak.

Serat yang terkandung dalam buah dan sayur juga dapat mengatasi dan mencegah sembelit. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada buah aprikot juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegahnya mengalami peradangan dan kerusakan. 

5. Menguatkan tulang

Aprikot memiliki banyak mineral yang diperlukan untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, fosfor, zat besi, mangan, dan tembaga. Mengonsumsi buah aprikot pun dapat membantu membentuk tulang yang kuat dan sehat. Selain itu, buah ini juga dianggap mampu mencegah berbagai masalah tulang yang berkaitan dengan usia, seperti halnya osteoporosis. 

Untuk dikonsumsi, baik secara langsung maupun diolah, pastikan Anda sudah mencuci aprikot pada air mengalir terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak akan kuman yang menempel pada buah dan dapat masuk ke tubuh Anda. 

Selanjutnya: Selain Menyehatkan Tulang, Kecipir Juga Kaya Manfaat Buat Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News