HOME, Bugar

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Muntaber

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Muntaber

MOMSMONEY.ID - Gangguan pencernaan seperti muntaber tentu tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, tubuh penderita akan merasa kelelahan, lemah, serta berisiko mengalami dehidrasi. Gejala penyakit ini biasa ditandai dengan munculnya reaksi tubuh seperti muntah dan diare di waktu yang berdekatan.  

Gejala diare yang diakibatkan muntaber biasanya muncul dalam rentang waktu 1-3 hari setelah virus ataupun bakteri menginfeksi sistem pencernaan penderita. Setelah itu, akan muncul gejala-gejala lainnya, seperti demam, mual, kram perut, dan menggigil. 

Nah, untuk meredakan gejala tersebut ada beberapa makanan yang dianjurkan bagi penderita muntaber agar kondisi tubuh tidak semakin parah. Simak daftar makanan terbaik untuk dikonsumsi saat muntaber agar cepat sembuh di bawah ini. 

Baca Juga: Waspadai Penyakit yang Rentan Terjadi di Musim Hujan

1. Pisang

Selain rasanya yang manis dan mengenyangkan, buah pisang juga dikenal baik untuk pencernaan karena teksturnya yang halus dan mudah dicerna. Uniknya, buah ini termasuk salah satu buah yang direkomendasi untuk mengatasi muntaber.

Hal itu tidak lain karena pisang mengandung kalium, pektin, vitamin B6, vitamin C, folat, karbohidrat kompleks, dan kaya akan serat. 

2. Kentang

Tak hanya buah-buahan saja, umbi seperti kentang juga baik dikonsumsi bagi para penderita muntaber. Hal ini tentu karena kandungan karbohidrat dalam kentang lebih mudah dicerna dibanding sumber karbohidrat lainnya.

3. Air Kelapa

Jika tidak ditangani dengan segera, muntaber bisa membuat tubuh penderitanya mengalami dehidrasi serius. Padahal, cara untuk meredakan muntaber yaitu dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

Untuk itu, banyak tenaga medis yang menganjurkan para penderitanya mengonsumsi banyak cairan demi mencukupi kebutuhan elektrolit dalam tubuh.  

4. Telur

Mungkin kamu tidak akan mengira, ternyata telur termasuk salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh para penderita muntaber. Hal ini tidak lain karena tinggi kandungan protein dan lemak di dalamnya. 

5. Semangka

Selain air kelapa, buah semangka juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan cairan, khususnya ketika kamu menderita muntaber. Hal ini tidak lain karena semangka mengandung komposisi 92% air sehingga sangat baik untuk menghidrasi tubuh.

Dalam setiap 154 gram buah semangka, terkandung 118 ml air atau setara dengan setengah gelas lebih. 

Baca Juga: 5 Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Nah, itulah tujuh makanan untuk penderita muntaber yang baik dikonsumsi. Apabila gejala yang kamu alami masih tergolong ringan, sebaiknya hindari obat-obatan kimiawi dan cobalah mengonsumsi makanan tersebut terlebih dahulu.

Selanjutnya: Manfaat Buah Anggur yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News